PEMENTASAN DRAMA WAYANG “KIDUNG SANG LELANA”

Pementasan Drama Wayang

“Kidung Sang Lelana #CeritaTentangSinta”

Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan menyelenggarakan Pementasan Drama Wayang dengan judul “Kidung Sang Lelana #CeritaTentangSinta”. Pementasan yang berada di bawah naungan tim produksi UKM Teater Lilin “Rewang” ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2017, di Auditorium Kampus 2 Gedung St. Thomas Aquinas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan menyelenggarakan Pementasan Drama Wayang dengan judul “Kidung Sang Lelana #CeritaTentangSinta”. Pementasan yang berada di bawah naungan tim produksi UKM Teater Lilin “Rewang” ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2017, di Auditorium Kampus 2 Gedung St. Thomas Aquinas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Naskah Drama Wayang Kidung Sang Lelana dibuat langsung oleh sang sutradara Drs. Sukisno, M. Sn. Dengan mengambil sudut pandang dari Sinta, Drama Wayang ini mengisahkan tentang kebimbangan antara Sinta dan Lesmana, adik kandung Rama. Semua pikiran, perasaan, harapan dari Sinta akan tertuang sepenuhnya di pementasan drama wayang ini dengan utuh sambil diiringi musik gamelan yang harmonis. Nilai-nilai yang tertanam dalam pementasan ini adalah tentang kesetiaan. Bagaimana kita sebagai sesama manusia mampu menanamkan nilai kesetiaan pada yang lain. Seperti Lesmana yang tetap setia pada pendiriannya untuk tidak mencintai Sinta, serta setia kepada Rama, kakak kandungnya, untuk menjaga Sinta. Sinta sendiri juga merupakan lambang kesetiaan. Sinta harus membuktikan kesetiaannya kepada Rama ketika Rama sedang pergi berburu.

Pementasan ini ditujukan kepada masyarakat umum agar masyarakat semakin cinta dan ikut melestarikan  budaya lokal sendiri khususnya. Selain itu, konsep “Rewang” yang digagas oleh UKM Teater Lilin UAJY memiliki arti dari bahasa Jawa yaitu saling membantu. Harapannya dengan konsep “Rewang”, UKM Teater Lilin dapat membangun semangat gotong royong kepada semua masyarakat baik internal universitas maupun eksternal kepada masyarakat umum. “Rewang” digunakan sebagai dasar produksi karena UKM Teater Lilin UAJY yakin agar pementasan ini dapat berjalan lancar, semua elemen di dalamnya harus saling membantu sehingga rasa kekeluargaan juga akan semakin terasa.

Sinopsis:

Berawal dari Sinta yang meminta untuk dicarikan kijang kencana yang dilihatnya, maka Rama pergi memburu kijang tersebut. Rama menitipkan Sinta kepada adiknya, Lesmana. Sinta yang merasa bimbang dengan keberadaan Lesmana dan Rama yang sama-sama kesatria tampan, menuduh Lesmana hendak merebutnya dari Rama. Lesmana yang merasa marah dengan tuduhantersebut akhirnya mengucapkan sumpah, bahwa dirinya tidak akan beristri seumur hidup.

Lesmana kemudian memutuskan untuk menyusul Rama dan meninggalkan Sinta di hutan. Setelah kepergian Lesmana, Rahwana datang hendak menculik Sinta. Rahwana menyamar sebagai seorang kakek tua yang sedang kehausan. Sinta merasa iba dengan keadaan kakek tersebut. Sinta pun keluar dari rajah kala cakra untuk memberikan minum kepada kakek tersebut, seketika itu pula sang kakek berubah wujud menjadi Rahwana dan menarik tangan Sinta lalu membawanya ke Negara Alengka Diraja. Sinta yang ditawan berada di Negara Alengka Diraja, tetap menjaga ketulusan dan kesetiaan cintanya kepada Rama.

Perasaan tersebut diungkapkan kepada Trijata, keponakan Rahwana yang diutus untuk menjaga dan membujuk Sinta agar mau menjadi istrinya. Sinta yang berpendirian teguh tetap tidak mau diperistri oleh Rahwana. Kemudian Anoman mendatangi Sinta untuk menyerahkan cincin titipan Rama dan mengajak Sinta untuk melarikan diri dari Negara Alengka Diraja. Sebelum pergi Anoman merusak Taman Argo Soka. Rahwana yang marah menantang Rama untuk bertanding memperebutkan Sinta. Namun, tiba-tiba terdengar mantra yang membuat Rahwana merasa kesakitan, dan Rahwana menghilang.

Judul : Pementasan Drama Wayang “Kidung Sang Lelana #CeritaTentangSinta”

Tempat : Auditorium Kampus 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Tanggal : Minggu, 3 Desember 2017 Pukul : 17.30 WIB – selesai

Tiket : Rp 15.000, on the spot Rp 20.000

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

082138335151 (Ratna)

@nxt4024y (Official Line Acount Teater Lilin)

@teaterlilinofficial (Instagram)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.