OPEN CALL!! “PROGRAM SENIMAN PASCA TERAMPIL PSBK 2020”

Open Call Seniman Pascaterampil 2020

PSBK membuka open call program residensi pengembangan profesionalitas bagi seniman muda. Program ini akan berlangsung selama 38 minggu (Februari-Desember 2020) di PSBK. Pendaftaran program akan dibuka sampai tanggal 31 Desember 2019.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) membuka peluang bagi seniman muda untuk menantang dirinya dalam program residensi pengembangan profesionalitas: Seniman Pascaterampil (SPt). Program SPt dirancang untuk menjadi ruang belajar dan praktik yang mempertemukan dan mengembangkan berbagai keterampilan strategi hidup (disiplin, kreativitas, jejaring, sensibilitas, atas kondisi sosial dan budaya sebagai sumber inspirasi, pengelolaan dasar, dan proyeksi keberlanjutan karir), melalui berbagai pelatihan dan aktivitas mencipta, lalu mempresentasikan karya seni di PSBK.

41 tahun lalu, maestro seni Bagong Kussudiardja menggagas PSBK sebagai ruang belajar kesenian non formal berwujud padepokan seni. Bagong mendorong cantrik-mentrik (siswa) dalam mengolah rasa agar mampu mengabdikan dirinya kepada masyarakat. Dorongan semangat itu telah menembus batas negeri, jaringan cantrik-mentrik PSBK tak hanya tersebar di penjuru nusantara, namun juga Asia. Hari ini, PSBK meneruskan Cantrik-Mentrik ala Bagong melalui program Seniman Pascaterampil. Spirit Bagong Kussudiardja; kemandirian, kolaborasi lintas disiplin, dan menciptakan praktik seni yang benar-benar hidup, serta terkait dengan masyarakatnya untuk bersama-sama saling menginspirasi nilai keindahan hidup manusia yang berdaya, merupakan pegangan pelaksanaan Program SPt. Program ini berlangsung selama 38 minggu, ketahanan dan kreativitas seniman-seniman yang mengikuti program ini akan diuji untuk mendapatkan kesempatan mengakses dan terlibat aktif dalam berbagai ruang belajar dan berkarya yang saling mendukung antara satu dengan yang lain.

Secara konsisten program Seniman Pascaterampil telah dilangsungkan oleh PSBK dari tahun ke tahun sejak tahun 2014. Pada tahun 2020, PSBK akan menerima sepuluh seniman muda yang berhasil lolos seleksi untuk dapat bergabung. Ada tiga tahap seleksi yang akan dilaksanakan; dimulai dari seleksi berkas, seleksi workshop, dan terakhir seleksi wawancara.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti program ini adalah sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia.
2. Usia 23-32 tahun.
3. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan sehat.
4. Bebas narkoba, dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba.
5. Menggeluti salah satu atau lebih disiplin seni
6. Memiliki latar belakang seni sebagai pelaku dan atau pencipta minimal tiga tahun.
7. Memiliki komitmen untuk membuka diri pada tantangan, pengetahuan, dan ruang jelajah baru dalam proses belajar dan berkarya di PSBK.
8. Sanggup menjadi rekan kolaborasi yang siap untuk bekerja sama dan menciptakan suasana yang bersahabat serta profesional.
9. Sanggup mengikuti dan memenuhi seluruh kewajiban Program Seniman Pasca-terampil (38 Minggu dalam Februari–Desember 2020)
10. Bagi peserta dari luar Yogyakarta, bersedia tinggal di Yogyakarta dengan akomodasi yang ditanggung sendiri.

Peserta program nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa ruang belajar, narasumber profesional (penggiat seni dan seniman), jejaring, pendampingan proses belajar dan proses penciptaan kolaboratif, studio penciptaan, ruang presentasi, uang saku bulanan, konsumsi, sertifikat, dokumentasi dan publikasi.

Pendaftaran program ini akan dibuka sampai tanggal 31 Desember 2019, dapat diakses melalui website resmi PSBK yaitu www.psbk.or.id .

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Melanjutkan spirit maestro seni Indonesia Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art center dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.

Siaran pers ini diterbitkan oleh:
Media PSBK
Kontak: Donnie Trisfian | donnie@psbk.or.id
Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: media@psbk.or.id Web: www.psbk.or.id
Facebook: psbkjogja
Twitter & Instagram: @psbk_jogja
Youtube: media psbk

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.