ALUS GOES TO SCHOOL JAVA TOUR 2015: “MY LIBRARY, MY HERO”

IMG-20151124-WA0008

Kegiatan ALUS Goes To School (AGTS) “Java Tour” 2015 merupakan kegiatan bakti perpustakaan yang dilakukan oleh ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan atas dasar program kerja dari ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, serta bertujuan untuk perbaikan dan pengembangan sekolah yang berorientasi pada SNI P (Standar Nasional Indonesia Perpustakaan) dan SNP (Standar Nasional Perpustakaan). Tujuan lain dari kegiatan ini yakni untuk mengajak para siswa untuk lebih sering mengunjungi perpustakaan yang berdampak pada peningkatan minat baca siswa.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Nopember 2015 serentak di 7 sekolah yaitu:
1.    MAN Buntet Pesantren (Cirebon),
2.    MTSN Kepanjenkidul (Blitar),
3.    SDIT Salsabila Baiturrahman (Klaten),
4.    SMPN 2 Banguntapan (Bantul), 5
5.    SDN 1 Brosot (Kulonprogo),
6.    SD Muhammadiyah Bogor (Gunung kidul),
7.    SMP 4 Pakem (Sleman).
Dasar kegiatan yang lain adalah kondisi perpustakaan sekolah di Indonesia saat ini masih dalam tahapan berkembang, yang dimaksud tahapan berkembang disini yaitu kondisi perpustakaan yang masih belum memenuhi SNI P (Standar Nasional Indonesia Perpustakaan) dan SNP (Standar Nasional Perpustakaan), baik dari segi manajemen, teknologi, maupun kondisi fisik perpustakaan itu sendiri. Hal ini merupakan faktor utama penghambat perkembangan pendidikan di Indonesia.
ALUS Goes To School “Java Tour” pada kesempatan kali ini mencoba memberikan pelayanan terhadap sekolah-sekolah, diantaranya adalah pendidikan pemakai (user education), permainan edukatif di perpustakaan (game in the library), mendongeng (Story Telling) yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak serta pengenalan software otomatisasi perpustakaan/konsultasi pustakawan terkait masalah-masalah yang ada di perpustakaan sekolahnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.