B.L.N.T.R. RILIS SINGLE PERTAMA BERJUDUL “BERANDA”

B.L.N.T.R. merupakan grup musik baru yang berasal dari kota Purwokerto, Jawa Tengah. Kami beranggotakan Yanuar Galih (vokal), Satria Ganang (vokal), Jalu Narendra (gitar), Refonda Alam (gitar), Yngwie Satriani (keyboard), Rizqi Khairul (drum), dan Muhammad Rifa’i (bass).

Terbentuk pada bulan Oktober 2018, grup musik yang mengusung genre ambient post-rock ini merilis single pertama mereka yang berjudul ‘Beranda’. Single tersebut dirilis bertepatan dengan record store day, pada 13 April 2019 melalui kanal youtube resmi dan digital music platform, seperti Spotify, iTunes, dan Apple Music.

Penulisan lirik lagu ‘Beranda’ berawal ketika Yanuar Galih meratap hilangnya aktivis Mei 1998 yang tak kunjung pulang. Namun beberapa penggalan lirik dipoles kembali agar bisa dimaknai secara lebih luas. Sedangkan musik dan aransemen digarap oleh Refonda Alam. Proses penggarapan lagu disempurnakan kembali oleh semua personel B.L.N.T.R.

“Saya terinspirasi oleh kehangatan rumah sebagai makna fisik dan jiwa nya yang selalu menanti kepulangan anggota keluarga yang menghuninya. Terutama bagi anggota keluarga yang hilang ataupun dihilangkan paksa.,” ungkap Yanuar.

Dalam penggarapan single ‘Beranda’, B.L.N.T.R. dipengaruhi musik-musik bernuansa ambient dan post-rock. Sigur Rós, Explosions in the Sky, The Trees & The Wild, dan Semiotika hanya beberapa di antara nama yang menginspirasi kami.

Proses rekaman dilakukan di studio Harvest Records Yogyakarta. Proses mixing dan mastering dibantu oleh Nickgasme selama satu bulan. Ghaffara Annafi memvisualisasi makna ‘Beranda’ dalam bentuk single artwork.

Berikut link single ‘Beranda’ oleh BLNTR:

Spotify:

Itunes:
https://geo.itunes.apple.com/id/album/beranda/1459287513?i=1459287515&app=itunes
AppleMusic:
https://geo.itunes.apple.com/id/album/beranda/1459287513?i=1459287515&mt=1&app=music
Youtube:

_________________________________

BERANDA:

Sumpah sebuah rumah
Anak pulang tak hilang
Sadar dan sabar sumpah
Anak hilang tak pulang

Jejak tak tapak nampak
Anak pulang tak hilang
Bahak tersentak tersedak
Anak hilang tak pulang

Anak pulang ke beranda
Anak hilang di beranda

Sampai surya serakah merekah
___________________________________

Recorded at Harvest Records Studio
Mixed & Mastered by Nickgasme
Song & Lyrics by B.L.N.T.R.
Vocals taken by Yanuar Galih & Satria Ganang
Keys & Pad taken by Yngwie Satriani
Guitar taken by Refonda Alam & Jalu Narendra
Bass taken by Muhammad Rifa’i
Drum taken by Rizqi Khairul
Artwork by Ghaffara Annafi

PROFIL GROUP MUSIK B.L.N.T.R.
B.L.N.T.R. merupakan sebuah grup musik asal kota Purwokerto yang berusaha mengekspresikan diri mereka melalui alunan musik emosional yang diwarnai dengan nuansa ‘rock’ dan ‘ambient’. Dengan berkiblat pada beberapa grup musik beraliran ‘post-rock’ dan ‘ambiennt’ dalam lingkup nasional dan internasional.

Pada bulan Oktober tahun 2018 grup musik yang beranggotakan Yanuar Galih (Oyon), Jalu Narendra (Jalu), Rifai (Fai), Rizqi K (Upit), Yngwie Satriani (Yngwie), Ganang Satria (Ganang), dan Refonda (Fonda) ini bersepakat untuk menggunakan B.L.N.T.R. sebagai nama dari grup musik yang sedang mereka rintis tersebut. Nama B.L.N.T.R. itu sendiri merupakan hasil dari perjalanan yang cukup dramatis. Berawal dari perkumpulan sesama pelanggan sebuah kedai kopi di pinggiran kota, pada mulanya mereka hanya secara ‘iseng’ bermusik dengan mengisi beberapa kegiatan lokal dan kampus hingga pada akhirnya mereka sepakat untuk serius dalam bermusik.

“Apa sih pentingnya arti sebuah nama? Mending juga Kita fokus aja buat ngejaga & mengharumkan nama baiknya. Jadi ya be-el-en-te-er aja udah, ga usah ribet”. Jelas Fonda
Pernyataan yang dituturkan oleh Fonda ini kemudian menjadi sebuah titik terang bagi grup musik tersebut, dan mengembalikan fokus mereka secara utuh untuk melanjutkan tanggungjawab mereka dalam berkarya.

Masing-masing personil grup musik B.L.N.T.R. merupakan pekerja seni dengan latar belakang yang berbeda-beda. Beberapa personil juga merupakan pegiat musik baik di grup musik lain maupun bersolo karir. Jalu (gitar), Fai (bass), Yngwie (keyboard) dan Fonda (gitar) merupakan mahasiswa Universitas Jenderal Sudirman yang aktif di kampusnya masing-masing dalam bidang seni. Sedangkan Upit (drum) merupakan mahasiswa Institute Teknologi Telkom, dan Ganang (vokal) merupakan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Oyon (vokal) yang merupakan alumni Universitas Indonesia juga bergerak dalam bidang seni musik dan sastra.

Bersama-sama dengan pegiat seni di berbagai bidang, Fonda dan Oyon membentuk sebuah komunitas bernama ‘Basamo’. Dengan semangat memajukan karya seni di Purwokerto B.L.N.T.R. di dukung oleh komunitas tersebut berhasil merilis single perdananya yang berjudul ‘Beranda’. Dengan pengerjakan Artwork oleh anggota komunitas ‘Basamo’ bernama Ghaffara An Nafi. Saat ini group musik yang selalu mengangkat isu kemanusiaan dalam karyanya ini sedang melakukan proses rekaman untuk mini album mereka yang pertama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.