“COPYCAT” SINGLE ANYAR DARI BUBUGIRI

Bubugiri Pic2

Single Non-Album : Copycat
Artist : Bubugiri

Menjadi diri sendiri adalah inti dari sebuah kebebasan. Bagi seorang musisi contohnya, kebebasan membuat karya, bermain musik, memainkan lagu dan instrumen sesuka hati adalah salah satu bentuk kebebasan untuk menjadi musisi yang jujur dan apa adanya. Tidak membohongi diri sendiri serta para pendengarnya.

Latar belakang ini menjadi inspirasi duo musisi akustik Bubugiri dalam membuat single berjudul “Copycat”. Lagu ini bercerita tentang kekaguman Bubugiri pada beberapa musisi dan ingin sekali menjadi seperti mereka. Di lagu ini, musisi seperti Beyonce, Michael Jackson dan Mariah Carey menjadi sosok panutan bagi Bubugiri dalam bermusik.

Lirik, aransemen dan komposisi lagu “Copycat” sangat unik dan menarik. Terdengar beberapa lick dan nada yang familiar yang merupakan daya tarik dari lagu ini. Bukan bermaksud plagiat, melalui lagu ini, Bubugiri mencoba mengekspresikan diri mereka sendiri dan tidak menjadi copycat sejati. “Meskipun kita nge-fans banget sama idola-idola kita tetapi kita lebih ingin menjadi diri kita sendiri dan berekspresi sesuai kapasitas kita.”, ujar Bubu.

Menurut Giri, arti kata copycat dalam konteks kehidupan adalah cerminan dari perilaku dasar manusia. Sejak kecil kita menirukan cara berbicara, berpakaian, bersikap dan lain-lain dari orang-orang terdekat, hingga kita memiliki kepribadian tersendiri (personality) dan akhirnya kita akan menemukan cara yang paling nyaman dalam mengaktualisasikan diri untuk bekerja dan berkarya dalam pilihan jalan, arah, dan tujuan yang kita inginkan. Dalam konteks musik, hasil karya musisi lain adalah referensi. “Referensi yang nantinya berubah menjadi karya baru hasil proses berpikir, olah rasa dan inovasi. Tidak lagi meniru, adding our very own personality into the music. Lirik favorit gue, ‘..Ekspresikan diri.. Dirimu sendiri..’, disitulah ajakan untuk tetap stay true to ourselves and others.”, jelas Giri.

Lagu ini cukup kaya dengan banyak style musik. Salah satu bagian catchy, yang juga menjadi favorit Bubu, adalah di bagian saat Giri nge-rap! “Hehehe, jarang-jarang Giri mau nge-rap makanya itu jadi favoritku.”, kata Bubu.

“..Dulu aku selalu bermimpi untuk menjadi Beyonce.. – Tetapi, ku takkan jadi diriku sendiri.. – Ku sadari kapasitas diri, Ku tak ingin jadi copycat sejati. Ku sadari semua hanyalah mimpi, aku ingin jadi diriku sendiri..” (Bubugiri – Copycat).

Lagu Copycat dapat diunduh gratis di website resmi Bubugiri www.bubugiri.com mulai Bulan Agustus 2015.

Bubugiri adalah duo musisi akustik asal Bandung yang mengawali karirnya di Jakarta pada tahun 2010 dengan personil Bubu (vokal) dan Giri (gitar akustik). Bubugiri sudah bermain di berbagai acara besar seperti Java Jazz Festival, Jazz Trafic, dan kerap diundang untuk mengisi acara yang diadakan di kampus-kampus hingga pesta pribadi. <tysasasono>

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.