DOZAN FUJIWARA SHAKUHACI CONCERT : “SUARA DARI TIMUR”

Dozan Fujiwara-Shakuhachi Concert:
SUARA DARI TIMUR ~親睦 SHINBOKU~
Min-On Concert Association, Jepang
Jakarta, 4-5 Agustus 2018
Yogyakarta, 7-8 Agustus 2018

Min-On Concert Association, sebuah lembaga seni musik dan budaya dari Jepang akan menyelenggarakan sebuah konser musik Shakuhachi (seruling bambu Jepang) dengan komposer Dozan Fujiwara berkolaborasi dengan musisi Jepang dan Indonesia.

Konser bertajuk “Dozan Fujiwara – Shakuhachi Concert: Suara dari Timur ~親睦 SHINBOKU~“ ini akan digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Yogyakarta, sekaligus dalam merangka Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia yang jatuh pada tahun ini.

Konser “Suara dari Tiimur” diselenggarakan dengan tujuan untuk lebih mempererat hubungan persahabatan antara sesama musisi, penonton, penyelenggara dan semua pihak terkait agar terjalin saling pengertian hingga mampu meningkatkan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia di masa-masa mendatang.

Konser ini merupakan bagian dari program Min-On Global Music Network yang diluncurkan Min-On pada tahun 2013, sebagai sarana memperkenalkan budaya dan musisi Jepang kepada dunia untuk memperkuat pertukaran kebudayaan antara Jepang dengan negara-negara lain. Lewat program ini Min-On mengutus sejumlah musisi muda yang menggeluti musik tradisional Jepang mengunjungi negara lain. Min-On juga mengajak lembaga dan negara yang dituju memilih musisi muda lokal untuk berkolaborasi bersama mereka. Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-5 program Min-On Global Music Network dan Indonesia dipilih sebagai negara tujuan. Sebelumnya negara yang dikunjungi adalah Korea (2014), Rusia (2015), Singapura (2016) dan Malaysia (2017).

Indonesia dipilih karena Min-On melihat seni tradisi di Indonesia masih terjaga kuat. “Musik salah satunya. Musik modern yang memasukkan bebunyian dari alat-alat musik tradisional ternyata tetap mampu dinikmati. Tidak hanya dinikmati di Indonesia saja namun juga berhasil di luar Indonesia. Ini yang harus kami pelajari,” jelas Tomomi Yokosuka, Pimpinan Produksi untuk konser di Indonesia.

Di konser nanti pemirsa akan diajak untuk mengenal lebih dalam alat musik Shakuhachi (seruling bambu), Koto (harpa) dan tentunya disuguhankan dalam komposisi musik yang apik tidak hanya dari Dozan Fujiwara dan musisi pendukungnya, tetapi juga berkolaborasi dengan musisi-musisi Indonesia yang juga dikenal piawai memainkan alat musik tradisi.

Musisi yang akan tampil berkolaborasi dalam konser Suara dari Timur adalah Dozan Fujiwara (komposer, shakuhachi), Renzan Kudo (shakuhachi), Kohzan Shiba (shakuhachi), Hozan Murasawa (shakuhachi, koto), Keizan Tanabe (shakuhachi), Seigo Takimoto (piano, keyboard), Yuko Nakakita (perkusi) dan 3 musisi dari Indonesia, yaitu Darman Merdeka (perkusi), Joel Tampeng (gitar) serta Firman Djalut (tehyan, kong ahyan).

Informasi pertunjukan:

Dozan Fujiwara – Shakuhachi Concert: Suara dari Timur ~親睦 Shinboku~

Jakarta
Sabtu, 4 Agustus 2018, 20.00 WIB
Gedung Kesenian Jakarta

Minggu, 5 Agustus 2018, 16.00 WIB
Ciputra Artpreneur Theater

Yogyakarta
Selasa, 7 Agustus 2018, 20.00 WIB
Societet Militer, Taman Budaya Yogyakarta

Rabu, 8 Agustus 2018, 20.45 WIB
Panggung Pasar Seni, Pyramid – Festival Kesenian Yogyakarta

Informasi silakan menghubungi:
Lusia Neti Cahyani (0878 3929 8113)
lusianeticahyani@gmail.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.