ENGLSIH DAY 2018

ENGLISH DAYS 2018: CELEBRATION OF THE MEDIA

Program studi Sastra Inggris dari Fakultas Ilmu Budaya UGM, tahun ini kembali mengadakan acara tahunan prodi, yaitu English Days. Menyusung tema “Celebration of The Media”, mahasiswa Sastra Inggris UGM berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilah informasi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa rangkaian acara telah dipersiapkan dan kami, mengajak para pemerhati, baik anak-anak, pelajar, maupun orang dewasa untuk ikut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Dua acara utama kami yaitu Festival Rakyat dan Teater Musikal, akan segera diselenggarakan pada 10 November dan 20 November 2018.

Selain Festival Rakyat dan Teater Musikal, kami juga membuat acara Seminar dan Talkshow yang bertemakan ‘Unfolding the Truth Indonesian Journalism in the Current Era’. Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2018 di Fakultas Ilmu Budaya UGM dan terbuka untuk masyarakat umum. Sebagai narasumber dalam seminar tersebut, kami mengundang ahli jurnalistik seperti Frans Sartono, seorang wartawan senior dari Kompas dan Bernardus Hidayat, dosen mata kuliah Jurnalistik Sastra Inggris UGM. Kami juga mengundang Dhania Sarahtika, wartawan dari The Jakarta Globe, tang akan bertindak sebagai moderator. Untuk ikut serta dalam acara di atas, tiket sudah dapat dibeli melalui tautan di bawah ini:
Seminar & Talkshow: bit.ly/seminared18
Festival: bit.ly/festivaled18
Teater Musikal: bit.ly/malampuncaked18

ENGLISH DAYS 2018: FESTIVAL RAKYAT

Festival Rakyat English Days 2018 mengusung tema “Bracing for the Age of Post-Truth” yang masih dipayungi oleh tema utama, yaitu “Celebration of the Media”. Tujuannya masih sama, yaitu untuk meningkatkan kesadaran audiens tentang betapa meganya peran media dewasa ini. Namun, Festival Rakyat lebih menekankan pada istilah “post-truth” itu sendiri, yang mudahnya didefinisikan sebagai periode di mana keobjektifan dikesampingkan dan kesubjektifan yang bercampur riuh emosionalitas malah dijunjung. Kemunculan hoax dan ketidakberdayaan audiens dalam memilih dan memilah hoax-hoax tersebut menjadi salah satu peringatan yang ingin kami himbau lewat festival yang sifatnya sangat inklusif ini.

Open-gate festival akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, dan pengunjung sudah boleh langsung menikmati beragam game booth yang poin-poinnya bisa ditukarkan dengan beragam hadiah menarik, serta tentunya boleh pula mengunjungi tenant-tenant makanan serta minuman yang menggelar lapak di festival. Panggung utama pun akan dihiasi oleh sejumlah bintang tamu seperti Lincak, Stand Up Comedy UGM, Umar Haen, Niskala, Sastro Moeni, dan ROBBRS.

Untuk mereka yang masih kurang puas dengan keberadaan game booth, tenant-tenant, serta acara musik di panggung utama, disediakanlah dua buah lapak workshop: workshop pembuatan zine oleh Annisa Rizkiana pada pukul 16.00 WIB dan; workshop pembuatan kolase oleh Iwe Ramadhan yang dimulai pada pukul 17.00 WIB. Kedua workshop ini akan menyediakan alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan, serta sama sekali tidak memungut biaya tambahan dalam bentuk apapun. Di akhir kegiatan pengunjung diperkenankan membawa hasil karyanya ke rumah masing-masing. Walau begitu, demi kenyamanan selama berkegiatan, peserta workshop sangat dibatasi.

Festival Rakyat English Days 2018 mematok harga Rp10.000 per satu tiket masuk. Pemesanan tiket dapat dilakukan dengan mengisi data diri melalui formulir yang tersedia di bit.ly/festivaled18. Bagi mereka yang juga tertarik mengikuti workshop, pendaftaran bisa langsung dilakukan lewat formulir yang sama pada kolom bagian workshop.

ENGLISH DAYS MALAM PUNCAK: TEATER MUSIKAL

Pertunjukan teater ini adalah malam puncak dari rangkaian acara English Days 2018. Pertunjukan ini menampilkan kisah nyata dunia pers di Amerika Serikat diakhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Teater musikal ini dimainkan oleh mahasiswa-mahasiswi Sastra Inggris yang disutradarai oleh M. Simbolon, dilatih oleh koreografer ISI Yoanita Yosa Nugraha dan dipoles oleh sutradara asal Korea Hwang Ha Young. Pertunjukan ini diiringi oleh kolaborasi musik barat dari Kombantrin dan musik tradisi Jawa dari GASITA, serta dimeriahkan oleh ICETY.

NEWSIES akan ditampilkan di PKKH UGM pada tanggal 20 November 2018.

Harga Tiket
Tiket Roosevelt: 50.000
Tiket Pulitzer: 40.000
Tiket Hearst: 30.000
Tiket Newsies Manhattan: 20.000
Tiket Newsies Brooklyn: 20.000

Khusus Tiket Newsies Manhattan/Brooklyn diskon 25% bagi mahasiswa FIB/Bahasa Inggris UGM

Untuk detailnya silahkan kunjungi ugm.id/ed18

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.