HARI KEDUA, PESTA BONEKA #5 “HOME”

indra-wicaksono_0574

Tempat Berteduh yang Nyaman
Memasuki hari kedua penyelenggaraannya, PESTA BONEKA #5 tidak kehilangan antusiasme pengunjung. Tidak kurang dari enam pertunjukan dihadirkan pada Sabtu, 3 Desember 2016 di PKKH UGM. Sementara itu, workshop lanjutan dari LemonyS Puppet Theater (Australia) dan workshop dari Frigg Theater (Belanda) juga berlangsung di hari kedua ini.

indra-wicaksono_0305indra-wicaksono_0141
Pertunjukan hari ini dibuka oleh Tim Spooner (Inggris) dengan karya “The Assembly of Animals” yang ditampilkan tiga kali, dilanjutkan dengan presentasi dari Ahmad Nasir Formuli (Afghanistan). Presentasi ini menjadi menarik karena dilakukan via Skype. Formuli yang dijadwalkan hadir di PESTA BONEKA #5 tidak dapat datang karena permasalahan visa, namun keinginannya untuk tetap terlibat akhirnya dapat diwujudkan dengan presentasi langsung secara online. Formuli banyak bercerita tentang bagaimana praktik teater boneka berjalan di negara asalnya.
Presentasi disusul dengan penampilan dari Flying Balloon Puppet (Indonesia) berjudul “Natuh”. Menjelang sore, Frigg Theater (Belanda) yang sudah tampil di hari pertama memberikan workshop “Camera Acting For Puppets”.
Setelah istirahat selama satu jam, acara dimulai lagi dengan pertunjukan dari Anino Shadowplay Collective (Filipina) yang menampilkan “TahAnino”. Tahun ini menjadi kali kedua bagi Anino Shadowplay Collective untuk tampil di PESTA BONEKA. Dengan masih menggunakan cahaya dan bayangan, mereka menceritakan arti rumah bagi mereka sekaligus menyelipkan cerita tentang situasi politik yang sedang mereka hadapi di Filipina. Pertunjukan diakhiri dengan ajakan kepada penonton untuk ikut bermain-main dengan cahaya menggunakan senter dan kertas yang dilubangi membentuk pola-pola.
PESTA BONEKA #5 hari kedua ditutup dengan pertunjukan dari For What Theater (Thailand) yang menampilkan karya “Little Red In The Ruins”. Pertunjukan tersebut mampu membuat penonton pulang dengan sumringah. PESTA BONEKA #5 hari kedua sendiri berhasil menghadirkan kehangatan di antara pengunjung yang menjadikan festival ini sebagai tempat berteduh yang nyaman dari hujan yang sejak siang hingga sore tadi mengguyur kota Yogyakarta.
Masih tersisa satu hari penyelenggaraan PESTA BONEKA #5 pada hari Minggu, 4 Desember 2016 di Desa Kepek, Bantul. Untuk acara hari terakhir, semua pertunjukan bersifat gratis. Sejak pukul 10.00 WIB, acara sudah akan berlangsung dengan sesi memasak bersama seniman (when puppeteers cook), dilanjutkan dengan workshop dan pertunjukan hingga pukul 22.00 WIB. Info lebih lanjut, silakan mengikuti media sosial Papermoon Puppet Theater (Twitter dan Instagram: @papermoonpuppet, Facebook: Papermoon Puppet Theater, Indonesia) atau situs www.papermoonpuppet.com.

indra-wicaksono_0020 indra-wicaksono_0151 indra-wicaksono_0160 indra-wicaksono_0507

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.