KDM #21 : AGUSTUSAN

KDM #21 akan hadir kembali pada hari Jumat, 25 April 2017, pukul 19.30 WIB di Loop Station Yogyakarta. Bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan RI ke-72, KDM #21 mengangkat tema “Agustusan”.

Sejak Indonesia merdeka tahun 1945, Agustus kemudian identik dengan perayaan yang mewujud dalam tradisi unik seperti lomba, olah raga, pentas seni, dan tentu saja, upacara pengibaran bendera merah putih. Tentu masih melekat di ingatan makna bendera Indonesia, “merah adalah berani, putih itu suci”. Akan tetapi, akhir-akhir ini dirasa terlalu banyak kesucian dan sedikit keberanian untuk bersikap menuju kemajuan dan mengakui keberagaman. Mengutip perkataan Geof Mullgan bahwa “semua nasionalisme bisa kita mengerti sebagai narsisme kolektif”, KDM #21 menghadirkan empat film terpilih untuk diputar dan didiskusikan:

– Bedjo van Deerlak karya Eddie Cahyono
– Gara-gara Bendera karya Jeihan Angga
– KTP karya Boby Prasetyo
– Seragam karya Dhisga Amandtya

Tanpa harus menodai arti bendera kita, tampaknya kita butuh lebih banyak keberanian untuk mengisi kemerdekaan, ketimbang kesucian yang malah membuat persatuan, kesatuan, dan keberagaman bangsa terdorong mundur ke kondisi yang mengkhawatirkan.

#kdm #klubdiymenonton #kdm21 #agustusan #merdeka #alternatif #film #cinema #pemutaran #yogyakarta #jogja #istimewa #program

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.