KOLABORASI SAJAMA CUT BERSAMA BEBERAPA MUSISI DI RECORD STORE DAY 2018

Kolaborasi dengan Ade Paloh Hingga Endah N Rhesa, Sajama Cut akan Rilis EP Akustik pada Record Store Day 2018

Softcore berisi lagu-lagu Sajama Cut yang digubah secara akustik, serta kolaborasi dengan sejumlah musisi.

Sambut perayaan Record Store Day 2018, Sajama Cut akan merilis EP baru. EP berjudul Softcore ini berisi 7 lagu Sajama Cut yang digarap dengan versi akustik.

Uniknya, Sajama Cut mengundang sejumlah musisi untuk turut berkontribusi dalam Softcore. Mereka adalah Ade Paloh (Sore, Marsh Kids_, Asteriska (Barasuara, solo), Eka Annash (The Brandals, Zigi Zaga), Endah N Rhesa, Lenna Rachel, dan Tenna Handarini. Nama-nama tersebut dipilih Sajama Cut karena selain nge-fans, musik para kolaborator juga cukup berbeda dari band indie rock tersebut.

“Sebenarnya ini berhubungan dengan tendensi Sajama Cut untuk selalu menantang diri sendiri. Gue pribadi ingin mem-breakdown cara dan instinct penulisan lagu yang selama ini gue gunakan, dan cara paling efektif untuk itu adalah dengan memainkannya secara akustik, karena tidak ada elemen lain selain melodi dan ritme dasar. Ini sehubungan dengan keinginan gue untuk meng-approach materi album berikut kita dengan cara penulisan yang baru,” ucap Marcel Thee, vokalis Sajama Cut tentang Softcore.

Menurut Marcel, keputusan Sajama Cut untuk mengajak musisi lain berkolaborasi masih berhubungan dengan hal yang ia ungkapkan di paragraf atas. Bekerjasama dengan musisi lain amat memberikan ide dan masukkan artistik yang baru dan menarik untuk band yang beranggotakan Marcel Thee (vokal), Dion Panlima Reza (gitar), Hans Patria (keyboard), dan Banu Satrio (drum). Terlebih, para kolaborator tidak hanya mengisi part, tapi juga berkontribusi dalam aransemen.

“Secara vokal dan harmonisasi, mereka sangat terlibat – seperti counter-counter melodi yang dilakukan Asteriska di ‘History of Witches’ misalnya, sama seperti yang dilakukan Endah di lagu ‘Rest Your Head On the Day’,” papar Marcel.

7 lagu Sajama Cut yang digubah ulang untuk EP ini adalah History of Witches, Speak In Tounges, Rest Your Head on the Day, Season Finale, Idol Semen, Fin, dan Fatamorgana. Alasan 7 lagu tersebut dipilih Sajama Cut salah satunya karena bisa dibilang bukan lagu-lagu yang paling dikenal orang, atau “hits”.

Softcore dirilis oleh Demajors dan bisa didapatkan mulai Record Store Day 2018, 21-22 April 2018

———

Tentang Sajama Cut

Sajama Cut terbentuk pada tahun 1999 di Jakarta, Indonesia dan dikenal sebagai salah satu band yang meledak pada era musik independen awal 2000-an. Mereka telah merilis 4 album, sejumlah mini album yang banyak mendapatkan pujian dari khalayak dan kritisi musik dalam dan luar negeri, serta berpartisipasi di beberapa soundtrack dan album kompilasi, termasuk di antaranya film “Janji Joni” dan juga “JKT: SKRG” yang legendaris. Single mereka. “Less Afraid,” “Fallen Japanese,” “Alibi,” “Painting/Paintings”, dan “Fatamorgana” menembus posisi pertama di beberapa chart di radio.

Sajama Cut telah menerima banyak liputan dan apresiasi dari publikasi seperti Rolling Stone, HAI, Nylon, Esquire, Trax, FHM, The Jakarta Post, etc. Mereka juga telah tampil di beberapa siaran langsung di TV seperti Indonesian Morning Show, beberapa acara di MTV Indonesia, Radio Show, etc.

Sajama Cut telah bekerja dengan beberapa musisi dan videografer dari Amerika Serikat, Inggris, Luxembourg, Jerman, Singapura, Jepang, Norwegia, Swedia, Belanda dan sebagainya.

Sajama Cut telah tampil di banyak konser, di antara dengan band-band kelas dunia seperti Asobi Seksu, MGMT, The Whitest Boy Alive, Ruins Alone, Ken Stringfellow, The Radio Dept., Sore, White Shoes and the Couples Company dan The Brandals.

Band ini terkenal karena keaktifannya dalam berkolaborasi dengan artis artis kontemporer baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk di antaranya Broken Machine Films, Ika Vantiani, Anggun Priambodo, Katherine Karnadi, dan banyak lagi.

Album teranyar mereka “Hobgoblin” yang dirilis pada Juni 2015 secara kilat menjual habis cetakan pertamanya sebanyak 1000 kopi. Album tersebut dirilis di bawah naungan label Elevation Records dalam format vinyl 12″, CD, dan kaset. Dalam album ini, Sajama Cut berkolaborasi dengan 20 pelukis, ilustrator, penulis puisi, videografer dan sutradara sebagai bentuk kampanye promosinya.

http://facebook.com/sajamacut

http://instagram.com/sajama_cut
http://sajama-cut.com

Media Relation: Alvin Bahar
08978175132
alvinbahar93@gmail.com

Booking: SRM Band Management
+62818496654
srmbandmanagement@gmail.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.