LA BUNYI #1

Graphic1

ADA LABORATORIUM BUNYI UNTUK ANAK MUDA DI JOGJA

Istilah laboratorium biasanya digunakan untuk menyebut tempat atau ruangan dimana dilakukan aktifitas percobaan ilmiah. Di Kampung Halaman Youth Media Centre (KH Youth Media Centre), aktifitas percobaan dan penyelidikan itu diterapkan pada bunyi-bunyian, menjadi karya musik.

Proses mencari inspirasi bunyi, proses menulis, mematangkan pesan mengolah bunyi dan sebagainya membutuhkan waktu. Bermusik juga bukan sekedar aktifitas teknis, ada proses komunikasi dan dialog antara musisi dan orang-orang sekitarnya. Berada di atas panggung dengan sorakan penggemar dan ketenaran adalah yang biasanya dilihat dari musisi ternama, padahal untuk mendapat pengakuan itu, ada proses-proses berkarya yang jarang terlihat.

Musik juga adalah bahasa yang universal untuk menyampaikan pesan kita kepada banyak orang. Musik bisa menjadi medium untuk anak muda menyuarakan hal-hal tentang sekitarnya. Tidak melulu cinta dan kegalauan dengan pacar. Isu anak muda bisa dibunyikan lewat musik.

Ruang percobaan laboratorium bunyi ini disingkat laBunyi adalah ruang dan suasana dimana remaja bisa mengekspresikan isu-isu anak muda lewat karya musik.

Percobaan pertama yang akan dilakukan dalam laBunyi adalah mengajak 2 musisi muda di Jogjakarta untuk berproses bersama Farid Stevy dan Muhammad…(Momo Captain Jack). Seleksi akan dilakukan bertahap; seleksi demo lagu, presentasi dan wawancara kelompok. Proses yang akan dilalui bersama kedua vokalis band ternama tersebut adalah diskusi lirik dan bunyi, proses produksi, mixing dan mastering, fasilitasi kemasan promosi hingga penceritaan proses kepada khalayak luas.

Selain sebagai fasilitator, Farid Stevy dan Momo terlibat pula dalam proses perancangan aktifitas dalam laBunyi. Kedua musisi ini merasa perlu mendukung aktifitas ini selain karena punya ketertarikan khusus dengan isu anak muda mereka ingin belajar berproses bersama anak muda khususnya dalam penciptaan karya musik.

Proses seleksi dua musisi untuk masuk dalam laBunyi akan dimulai pada bulan Juni 2015, fasilitasi dan produksi pada bulan Agustus dan September. 2 karya hasil laBunyi #1 akan mengudara di radio-radio Jogja pada bulan Oktober 2015. laBunyi diselenggarakan oleh JRYouthCoop (Koperasi Kreatif Anak Muda) dan Jogja Audio School (JAS). Informasi lebih lanjut terkait kegiatan LaBunyi melalui Yusuf Safary (0816678183).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.