LAUNCHING “DENGAR!” VIDEO SEBAGAI BAHAN AJAR DAN ALAT ADVOKASI

Launching DENGAR! Video Sebagai Bahan Ajar Dan Alat Advokasi

DENGAR! Kompilasi adalah kumpulan video berbasis komunitas tematik yang dilengkapi dengan kisah dan pemikiran yang mendasari pembuatan video tersebut, serta panduan pemutaran dan diskusi. DENGAR Kompilasi ini berfungsi sebagai media belajar, memudahkan para pelaku pendidikan untuk mendiskusikan isu tertentu secara mandiri. Dalam DENGAR! Kompilasi volume 6 ini, kami mengangkat disabilitas sebagai tema. Kami merancang agar kompilasi ini dapat membantu kerja advokasi teman-teman fasilitator/penggiat isu disabilitas yang tergabung dalam organisasi mandiri penyandang disabilitas atau DPO (Disabled People Organisation) atau rekan lain yang memerlukan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat luas non disabilitas tentang penyandang disabilitas dalam berbagai sisi kehidupan.

Ada 5 video yang dibuat oleh beragam penyandang disabilitas yaitu dalam hal berkomunikasi, akses pada fasilitas umum, pekerjaan, hukum dan berorganisasi paska bencana alam. Selain berbentuk video, informasi lain yang tersedia dalam kompilasi adalah tulisan proses pembuatan video tersebut yang berisi pemikiran yang melatarbelakangi pembuatan video serta harapan mereka. Kami juga menyertakan informasi yang relevan dengan isu yang diangkat untuk memperluas wawasan kita semua.

Dengan bahan DENGAR! Kompilasi volume 6 ini, kami hendak mengajak rekan-rekan untuk mendiskusikan tentang bagaimana menggunakan DENGAR! Kompilasi volume 6 sebagai bahan ajar dan/atau alat advokasi. Selain itu, kami juga mengajak rekan-rekan untuk mendiskusikan ulang bagaimana membuat sebuah pemutaran yang efektif dan tepat sasaran.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengabarkan kepada teman-teman tentang DENGAR! volume 6 dan mendiskusikan ulang tentang fungsi dari sebuah pemutaran dan bagaimana membuat pemutaran untuk membantu kerja advokasi dan pendidikan seputar disabilitas.

Narasumber : Noor Aini Prasetyawati
Fasilitator : Zerry Haryanto, Yusuf Safary, Ellinah dan Michael Winanditya (Kampung Halaman)
Moderator : Sabiq Gidafian (LPM ARENA)

Narahubung: 0816678183 (Yusuf Safary)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.