MANGAFEST 2016: MANGA COMPETITION

Poster MangaComp

MangaFest 2016: Manga Competition

Komik Jepang atau yang biasa disebut manga, hingga kini belum kehilangan penggemarnya. Seiring berkembangnya teknologi pun manga masih bisa mengimbangi dengan adanya manga online yang bisa diakses kapan pun, di mana pun. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan manga sudah menjadi bagian dari kegemaran, bahkan gaya hidup banyak orang, yang tak jarang bisa mempengaruhi pembacanya di berbagai bidang.

Tingginya minat di dunia manga menjadi latar belakang dibentuknya MangaFest, event komik tahunan pertama di Indonesia dan salah satu event terbesar di Yogyakarta. Pertama kali diadakan pada tahun 2011, MangaFest kemudian berlanjut setiap tahunnya hingga sekarang, mengikuti semakin tingginya minat masyarakat terhadap acara tersebut.

            MangaFest yang tengah memasuki kali keenam ini, menghadirkan kembali Manga Competition sebagai ajang utama setiap tahunnya. Berangkat dari keinginan untuk memajukan dunia komik di Indonesia, MangaFest mengajak para komikus muda untuk mengenalkan karyanya kepada khalayak, baik penggemar komik maupun awam.

            Adapun tema besar MangaFest 2016 yaitu “Sportaction!”. Tema ini dimaksudkan agar tahun ini, anak-anak muda bisa memberikan dukungan kepada dunia olahraga Indonesia. Dukungan yang dimaksud antara lain melalui manga, yang merupakan salah satu media persuasif paling diminati kalangan muda. Pengangkatan tema besar ini sendiri dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap dunia olahraga Indonesia yang saat ini dirasa semakin redup prestasinya. Meskipun tidak terjun langsung di lapangan, tetapi dukungan dari masyarakat itu mutlak perlu, sebagai bentuk kepedulian terhadap salah satu aspek yang telah mewadahi bakat anak bangsa.

Berakar dari tema besar tersebut, Manga Competition kali ini mengambil tema “Olahraga Indonesia (?)”. Tema tersebut diangkat dengan harapan para komikus muda bisa menginterpretasikan sendiri dunia olahraga Indonesia baik di dalam lapangan maupun di luar. Penggambaran juga dapat sesuai keadaan saat ini, kritik, maupun harapan untuk olahraga Indonesia ke depannya. Kompetisi ini sendiri sudah dimulai sejak hari Sabtu (20/2), dan akan ditutup pada bulan Juli 2016 di tanggal yang sama. Dengan dimulainya kompetisi ini, diharapkan para komikus muda bisa ikut berpartisipasi.

Sudah waktunya komikus muda bergerak, memberikan dukungan kepada olahraga Indonesia agar bisa melangkah naik bersama prestasinya. Berikan aspirasi yang membangun dan harapan-harapan untuk ke depan, agar olahraga Indonesia semakin baik, agar para atlet muda dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

MangaFest 2016

Karena kita punya karya

Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang UGM mempersembahkan,
MangaFest 2016 – “SPORTACTION”
1-2 Oktober 2016
Hall B&C Jogja Expo Center
-Manga Competition total hadiah 3,6 Juta
Kompetisi Menggambar Komik skala Nasional

-Lomba Komik Bisu total hadiah 3 juta
Lomba menggambar komik tanpa balon dialog skala Nasional

– Pameran Komik
Pameran dari karya 25 besar kontestan MangaCompetition dan KomikBisu
– Comic market
Pasar komik yang diisi oleh komikus, mulai dari level amatir hingga profesional
– Workshop Manga
Workshop menggambar komik oleh Komiys profesional
– Workshop Dubber

– Talkshow

– Foodventure

– Indonesia Culture Performance

– Japan-Pop Culture Performance

– and many more

You may also like...

2 Responses

  1. Yusuf says:

    Cara daftarnya gimana?

  2. Yusuf says:

    Ketentuan nya gimana?
    Bisa secara online gak?
    Kalau manganya gambar manual boleh gak?
    Minimal berapa chapter, dan per chapter nya minimal berapa lembar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.