MENJELANG BERANGKAT TUR KE EROPA “BRIGHTSIZE TRIO” GELAR LIVE MUSIC & ART CHARITY

Live Music n Art Charity Menjelang Keberangkatan BRIGHTSIZE TRIO Tour ke Eropa

Brightsize Trio merupakan unit musik yang berbasis di Yogyakarta dengan member Angga Waskita (vocal, gitar), Endy Barkah (drum, perkusi) dan Catur Kurniawan,Yabes (bass). Semenjak dibentuk pada April 2016 hingga hari ini, Brightsize Trio telah terbukti serius dalam menekuni karya. Kiprahnya dapat dibuktikan lewat beberapa presentasi panggung yang cukup bergengsi dan berhasil mengeluarkan album. Penampilannya tercatat di beberapa panggung ternama seperti Artjog, Kustomfest, Bali Blues Festival juga Radio Show TV One. Sebuah album berjudul “First Step” berisi 5 lagu berhasil dirilis pada Oktober 2016 dapat diakses di berbagai media. Dalam kesempatan penampilannya di konser “Beda Itu Hebat” Radio Show TV One, mereka dianugerahi sebagai Band Terbaik Audisi Jogja.

Tak hanya berkutat di lingkaran musik melulu, hubungan Brightsize Trio erat dengan berbagai kalangan. Proses kreatifnya turut dibentuk lewat persinggungan mereka bersama perupa kontemporer, penulis, sastrawan, budayawan, komunitas blues, orkestra dan banyak lain, membuatnya menjadi lebih kaya dan memiliki atmosfer tersendiri dalam setiap panggungnya. Mereka kerap menyasar panggung dengan basis pemirsa yang beragam, walhasil Brightsize Trio memiliki daya gebrak yang patut diperhitungkan meski usianya masih cenderung muda.

Mengusung modern blues yang dipengaruhi musik tradisi dan sarat akan aksi panggung energik, Brightsize Trio berencana menggelar Tour Eropa selama kurun September 2017. Serangkaian tour yang mengambil tajuk “Jagad Blues” akan mampir ke beberapa negara seperti Spanyol, Perancis, Belanda, Jerman, Austria dan Swiss. Mereka akan tampil di beberapa festival penting seperti Melweg Festival di Belanda dan Pasar Hamburg di Jerman.

Ada beberapa pertimbangan yang meneguhkan Brightsize Trio untuk menunaikan tournya ke Eropa. Di samping merespon undangan/promotor untuk tampil di berbagai festival, Endi Barkah mengungkapkan “ini apresiasi luar biasa yang diberikan oleh publik Internasional, kam tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut.” Mengingat kerap beberapa rekan musisi Jogja yang mendapat undangan gagal berangkat, Brightsize tak ingin mengulangi kasus serupa. Kesempatan Tour Eropa diamini Brightsize sebagai ajang unjuk gigi, mereka bermaksud mempresentasikan musik blues yang tumbuh di Jogjakarta-Indonesia. Endy menambahkan, “sejauh ini belum ada band blues asal Jogja tampil di ajang musik eropa”. Lewat penampilan mereka, setidaknya dapat memberi warna lain dalam menyumbang keragaman atas jenis musik blues dari seluruh dunia. Brightsize Trio juga bermaksud untuk memacu semangat para kawan-kawan musisi lain agar lebih berani tampil ke luar negeri. Dengan bekal semangat, keyakinan dan solidaritas dari para masyarakat, Brightsize Trio percaya dapat melewati berbagai kendala dengan aman dan lancar.

Beberapa pihak telah membantu bertindak sebagai donor baik finansial dan fasilitas demi kelancaran Tour Eropa. Dukungan juga datang oleh para perupa seperti Nyoman Adiana, Yusa Dirgantara, Ayu Rika, dll yang dengan sukarela memberikan karya seninya untuk dijual/dilelang lewat Art Charity. Pada tanggal 29 Agustus bakal digelar event musik dan art charity di Sangkring Art guna menutup kekurangan anggaran. Acara tersebut juga bakal dimeriahkan oleh kawan-kawan musisi dan komunitas jogja, seperti Yakobus, Koen and The Guitar Band, LastElise, JB Blues, Ikhlas Experience dan Black Stocking sebagai dukungan konkrit sekaligus semangat kepada Brightsize Trio.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.