OMUNIUUM X RUANG RUPA : SYARIKAT DAGANG

pintu-rejeki-pameran file-04-11-16-20-11-55

Omuniuum X RURU Shop mempersembahkan:

Proyek Usaha Perkongsian
SYARIKAT DAGANG
Rilis Album Kompilasi “PintuRejeki Vol.1” – Art Showcase – Workshop – Bincang-Bincang–PertunjukanMusik – Penjualan Merchandise

6 – 12 November 2016
Di GudangSarinahEkosistem
Jl. PancoranTimur II No. 4, Pancoran, Jakarta Selatan

PROGRAM
Minggu, 6 November 2016

14.00 – 15.00
Bincang-BincangI
“Art Merchandising”
thepopo&Amenkcoy

15.00 – 16.30
Bincang-Bincang II
“Lika-LikuCariRejeki”
Omuniuum&RURU Shop

17.00 – 22.00
PembukaanArt Showcase

PertunjukanMusik
17.00 – 21.00
Gerobak Set
Bottlesmoker, TheKuda, Pemandangan

Akustik Set
Mr. Sonjaya, Tetangga Pak Gesang, Bedchamber

Sabtu, 12 November 2016
Workshop “Cover Album CD”
Alexander Benedict & Rega Ayundya Putri

————————————————————————————————————
Selama satu dasawarsa terakhir, kehadiran bentuk-bentuk ekonomi mandiri alternatif dalam masyarakat semakin marak serta membawa penyegaran dalam model bisnis yang mereka kerjakan, khususnya yang berkaitan dengan bidang seni-budaya. Salah satunya menjalankan model bisnis yang lengkap dari hulu hingga hilir dalam lingkup musik dan seni rupa. Mereka memilih pemusik, membuat merchandise dan mendistribusikan albumnya. Omunium dan Ruru Shop merupakan salah satu contoh dari sekian banyak strategi yang muncul dari model tersebut.
Omunium muncul di Bandung dengan latar belakang menjual merchandise untuk kelompok musik alternatif sebelum kemudian menjadi pendukung terselenggaranya acara-acara seru di skena musik Bandung. Sementara RURU Shop berawal dari inisiatif di ruangrupa untuk memberikan dukungan terhadap sesama perupa, khususnya yang muda.
Keduanya menempuh jalan yang sama namun dengan metodologi yang berbeda-beda. Kehadiran kedua kelompok ini kemudian memberikan pengaruh yang, dalam konteks berbeda, punya daya yang sama besar. Atas dasar tersebut kemudian muncul gagasan untuk melihat bagaimana keduanya secara ‘resmi’ bekerja sama dan mengembangkan model kerja mereka masing-masing. Untuk menjalankan proses ini tentu saja akan melibatkan kepercayaan penuh atas satu terhadap yang lain, tanggung jawab kerja, serta sistem distribusi yang baik.
“Syarikat Dagang” adalah laboratorium percobaan kerja kolaboratif oleh RURU Shop dan Omuniuum yang didirikan untuk mengembangkan model dan karakter kerja ekonomi masing-masing sebagai jalur distribusi alternatif bagi musisi dan seniman. Proses ini melahirkan berbagai macam kemungkinan presentasi proyek: pameran seni rupa tentang metode ekonomi, diskusi tentang pola kerja serta cara bertahan di tengah perubahan zaman, serta peluncuran artifak proyek dalam bentuk kompilasi musik bersama seniman dan musisi dalam negeri.
————————————————————————————————————
Informasi lebih lengkap:

W : ruangrupa.org | omuniuum.net
T : @ruangrupa | @omuniuum
F : ruangrupa | omuniuum
E : info@ruangrupa.org | omuniuum@gmail.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.