PANGGUNG SENYAP FKY 29

Panggung Senyap di Tengah Keramaian FKY

“Ini penonton yang nggak pake headset bisa denger suaraku nggak?” Pertanyaan bernada iseng itu terlontar dari mulut vokalis/gitaris Sudden Supper yang tampil di panggung senyap Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 di Sabtu malam 5 Agustus.

Tak ada satupun penonton panggung senyap malam itu yang menjawab pertanyaan sang vokalis, yang jelas jawabannya adalah tidak.

Ya, malam itu FKY memulai agenda panggung senyap, yang rencananya akan dilangsungkan sampai agenda FKY berakhir pada 13 Agustus. Panggung senyap akan dimulai pada jam 19:00 setiap malamnya. Konsep panggung senyap FKY memang dibuat sangat berbeda dengan panggung-panggung lain yang berdiri di area Planet Pyramid tempat FKY dilangsungkan.

Beda yang pertama bisa dilihat dari kharakteristik penonton, dimana mereka mengenakan headset wireless supaya bisa menyimak musik yang sedang dibawakan di atas panggung. Tanpa benda penting itu, musisi di atas panggung menjadi bisu. Gerak mereka terlihat ketika memetik gitar, menggebuk drum, maupun ketika membetot bass, namun suara dan akor musik yang dibawakan tidak ada, alias senyap. Tanpa headset, panggung senyap kehilangan esensinya.

Walau menawarkan konsep unik, panggung senyap justru kurang diminati beberapa penampil yang tadinya diundang untuk tampil di agenda tersebut. “Beberapa band yang diundang untuk main di panggung senyap memandang sebelah mata,” kata Danish Wisnu, koordinator panggung senyap. Menurut Danish, beberapa dari mereka malah meminta tampil di atas panggung pasar seni. Jadi panggung senyap terasa diremehkan, meski keberadaannya sangat unik dan penting di arena FKY.

Unik karena dari kejauhan kumpulan penonton panggung senyap tampak seperti orang kurang kerjaan. Mereka menonton musisi tampil di panggung, padahal tidak ada suara sedikitpun yang keluar dari alat pemain band maupun vokalis yang menyanyikan lirik lagunya. Tetapi tentu saja penonton dari luar tentu saja tidak bisa menikmati esensi yang disajikan para penampil di atas panggung senyap, kecuali mereka masuk ke area depan panggung dan menerima headset dari panitia.

“Panggung senyap kali ini memprioritaskan band-band yang baru saja mengeluarkan single atau baru akan mengeluarkan single”, kata Danish melanjutkan.

Barangkali esensi panggung senyap memang begitu adanya. Ia menjadi menarik ketika keintiman antara musisi dan penonton dibangun melalui headset. Seperangkat alat band juga takkan berfungsi sama sekali tanpa keberadaan headset, yang tidak hanya dipakai oleh penonton melainkan juga oleh musisi yang tampil di panggung.

Senyap yang memunculkan keunikan di tengah keramaian. Agaknya itulah makna utama yang ditawarkan lewat panggung senyap Festival Kesenian Yogyakarta 29. (Hadid)

Narasumber:
Koordinator Panggung Senyap – Danish Wisnu

Info Umum :
Mengambil tajuk Umbar dan sub judul Mak Byarr, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 tahun ini dihelat pada tanggal 27 Juli – 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km. 5.5, Sewon, Bantul. Helatan FKY kali ini mengedepankan persepsi artistik yang berbeda, sekaligus ingin melihat perkembangan potensi tempat baru. Tema besar Umbar diambil dengan harapan supaya FKY 29 menjadi ruang festival di mana anggota masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan sekaligus memperoleh kesegaran baru. FKY 29 juga dirancang sebagai ruang kebudayaan yang diharapkan mampu memicu kreatifitas khas dan unik saat orang bermain-main di dalamnya.

AGENDA KEGIATAN FKY 29| 2017 :

Pawai dan Pembukaan FKY 29 (PAWAI JALANAN)
Malioboro
27 Juli 2017, Malioboro

Pembukaan PASAR SENI FKY
27 Juli 2017, Planet Pyramid

PASAR SENI FKY
27 Juli – 13 Agustus 2017, Planet Pyramid

PANGGUNG PASAR SENI
28 Juli – 13 Agustus 2017, Planet Pyramid

BIOSKOP FKY
28 Juli – 2 Agustus 2017, Planet Pyramid

JVMP
28 Juli, 2 Agustus 2017
Panggung Krapyak, JNM

LOKAKARYA FKY : Jalan-Jalan Seni
2, 6, 8, 9, 10 Agustus 2017
LP Narkotika Klas IIA Yogyakarta, Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai Code, LP Wirogunan, Yayasan Ponpes Wahid Hasyim, KODIM 0734 Kota Yogyakarta

LOMBA dan WORKSHOP
28 Juli – 13 Agustus 2017, Planet Pyramid

SASTRA FKY : Menanam Cerita Di Halaman
30 Juli – 3 Agustus 2017, Radio Buku

PAPERU ( Pameran Perupa Muda) : BRAKE! BREAK!
31 Juli – 13 Agustus 2017, Planet Pyramid

DISKUSI SENI FKY
4 Agustus 2017, Planet Pyramid

TEATER FKY – Teater Saturday Acting Club
5 Agustus 2017, Auditorium kampus ISI Yogyakarta

PANGGUNG SENYAP
5 Agustus – 13 Agustus 2017, Planet Pyramid

PANGGUNG MAK BYARR
9 Agustus 2017, Pendapa Ndalem Pugeran, Brontokusuman

WAYANG KULIT
12 Agustus 2017, Planet Pyramid

Terima kasih dan Salam Budaya,

Festival Kesenian Yogyakarta 29 – Umbar Mak Byarr !!
KONTAK DAN INFORMASI :
SEKRETARIAT FKY 29| 2017
Planet Pyramid, Jl. Parangtritis Km. 5,5 Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta
www.infofky.com

Divisi Markom-Media Relation :
Ovie Ermawati – 085640829376
Nurul Amalia – 08112631803
Diendha Febrian – 0817271109

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.