PERSIAPAN FINAL PEMBUATAN ALBUM ENDANK SOEKAMTI DI PAPUA

Persiapan Final Pembuatan Album Endank Soekamti di Papua

Yogyakarta, 19 Mei 2017. Menjelang keberangkatan Endank Soekamti membuat album ke-8 sekaligus mengajar dan berbagai dengan anak-anak di pesisir Papua Barat, persiapan yang dilakukan sudah mendekati tahap final.

Salah satu persiapan akhir yang dilakukan adalah simulasi rekaman outdoor studio pada Rabu (17/05) lalu di halaman depan sebuah wisma di kawasan Kaliurang. Simulasi ini adalah bentuk keseriusan Endank Soekamti untuk mengoptimalkan segala sesuatunya agar semuanya dapat berjalan lancar dan minim kendala.

Dengan demikian waktu yang tersedia selama 30 hari di lokasi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bekerja, berkarya, dan berbagi.

“Secara teori, kita bisa membacanya dari sumber manapun, tapi di luar sana kita tak tahu surprise apa yang akan terjadi. Untuk itu kita harus mempraktikkan sendiri supaya bisa mengerti apa kendala sebenarnya di lapangan.” jelas Erix Soekamti.

Kesempatan ini digunakan juga untuk lebih membiasakan diri dengan perangkat rekaman yang beberapa di antaranya baru saja diupgrade teknologinya. Misalnya peralatan yang akan digunakan Dory Soekamti.

“Fasilitas rekaman kita sekarang ada alat baru, yaitu fractal yang mampu mengimitasi sound gitar semirip mungkin. Ini berguna untuk mengurangi bagasi karena tak perlu lagi membawa amplifier.” papar Dory Soekamti.

Akhirnya simulasi yang dimulai sejak 12:00 WIB dan berjalan selama 4 jam tersebut berjalan lancar. Semua peralatan yang digunakan untuk simulasi langsung disimpan dan dikemas, siap untuk dibawa ke Papua.

“Hasil dari simulasi kemarin semuanya lancar dan komplit, termasuk guide untuk recording, pernak pernik kelengkapan rekaman seperti kabel-kabel, serta antisipasi kebocoran suara. Kita siap berangkat.” ungkap Feri Winarno.

Tony Soekamti, yang di atas panggung lebih dikenal dengan The Super SAS, juga sangat antusias menantikan proses rekaman outdoor yang merupakan pengalaman pertamanya ini.

“Tidak perlu berlama-lama berhenti di sini. Layar sudah terpasang dan megah terkembang. Siap untuk berangkat dan berpetualang!” serunya.

Selain yang berkaitan dengan produksi rekaman outdoor, persiapan-persiapan lain untuk kegiatan mengajar dan berbagai dengan anak-anak di Papua juga telah disiapkan, antara lain buku-buku dan permainan anak-anak.

Sementara itu untuk mengisi kekosongan konten selama bulan Puasa yang biasa diisi webseries Ngintip Pembuatan Album Soekamti di YouTube karena keterbatasan sinyal Internet di Papua, tim Euforia Audiovisual Yogyakarta menggelar siaran Live Streaming bertajuk SAHUR KAMTIS mulai jam 03:00 WIB dini hari.

Acara hasil kerjasama dengan CitraNet dan Mikrotik Indonesia yang diproduseri oleh Dwi Lanang Sentosa ini akan dipandu oleh Alit Jabang Bayi dan Fira Sasmita. Selain menyajikan obrolan dan hiburan, dalam acara ini juga akan disampaikan perkembangan terakhir proses pembuatan album Endank Soekamti di Papua.

Semoga Soekamti Goes to Papua ini berjalan baik, lancar, dan melahirkan hasil yang sangat memuaskan.

Sampai Jumpa! (ip)

————————————

Endank Soekamti
http://www.soekamti.com
booking & business matters:
0818.468.932

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.