CIMPHORIA #2 : LORONG WAKTU

 

image1

CIVIL ENGINEERING DAYS 2017

Civil Engineering Days adalah acara tahunan bagi warga Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar sesama warga Teknik Sipil dari penjuru Indonesia, dapat bergabung dalam acara ini. Tidak hanya akademis yang ditonjolkan melainkan kegiatan non-akademik pun tersedia dalam acara ini. Tidak dipungkiri bahwa mahasiswa-mahasiswi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta membutuhkan pengembangan skill tidak hanya di bidang akademik, namun juga di bidang non-akademik. Maka dari itu Atma Jaya Yogyakarta menyediakan wadah untuk para mahasiswanya berkreasi dengan kegiatan akademik dan non-akademik dalam rangkaian acara Civil Engineering Days 2017.

Civil Engineering Days 2017 kali ini mengangkat tema dengan judul “Sasambara”. Sasambara adalah kepanjangan dari “sama-sama membangun negara”. Judul tersebut memiliki arti penting bagi mahasiswa teknik sipil UAJY karena dari nama tersebut kami menyadari akan arti penting untuk membangun negara menjadi lebih baik bersama-sama dalam segala aspek.

Dalam rangkaian Civil Engineering Days 2017 kami memiliki beberapa acara, diantaranya adalah Sosial Lingkungan, Tinjau Lapangan, Seminar Nasional, Lomba Nasional, dan yang terakhir adalah Closing Ceremony.

Rincian Acara – Acara Civil Engineering Days 2017

LOMBA BETON

Lomba Beton Nasional, IHSGCC (Innovation of High Strength Green Concrete Competition) 2017, merupakan salah satu dari rangkaian acara Civil Engineering Days (CED) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMS UAJY). IHSGCC di tahun 2017 adalah kali ketiganya diselenggarakan, dengan sistematika yang lebih inovatif. Lomba beton nasional IHSGCC yang diketuai oleh Sdri. Vicky Marita Siregar sukses dibuka dengan total 45 pendaftar dari universitas yang ada di seluruh Indonesia. Seleksi tahap I dilakukan dengan penyisihan proposal berdasarkan penilaian juri. Ada pun penilaian tersebut diambil berdasarkan: format penulisan, inovasi penggunaan bahan alami, perhitungan mix design, perhitungan RAB, dan aplikasi beton di lapangan. Dari penilaian 3 juri (2 dosen – UGM dan UNS dan 1 praktisi – HAKI) ini, diambil 20 tim dengan nilai tertinggi.

Tim yang lolos seleksi tahap I akan melanjutkan kompetisi dengan membuat 3 buah sampel beton dengan kuat tekan sama untuk setiap betonnya. Penentuan nilai besarnya kuat tekan beton diundi pada saat Technical Meeting (Jumat, 10 Maret 2017). Hari pembuatan beton (mixing day) dilaksanakan pada Sabtu, 11 Maret 2017 pukul 13.00 s.d. 19.30 WIB di Kampus II Gedung Thomas Aquinas, Fakultas Teknik UAJY. Kedua puluh tim ini dibagi kedalam 4 kloter dengan urutan yang ditentukan dengan cara diundi secara langsung sebelum perlombaan tiap kloter dimulai. Pengundian-pengundian tersebut dilakukan untuk menambah semangat spontanitas para peserta agar lebih kompetitif satu dengan yang lain.

Beton-beton yang sudah dicetak kemudian dibuka 24 jam kemudian lalu dimasukkan ke dalam bak curing selama ±28 hari. Pengujian kuat tekan beton dijadwalkan akan dilaksanakan pada Senin, 10 April 2017 dan kemudian akan diumumkan pada Selasa, 11 April 2017. Tim yang lolos tahap II diambil sebanyak 5 tim terbaik untuk melanjutkan ke tahap final 12 Mei nanti.

SEMINAR NASIONAL

“Perkembangan Sistem Kereta Api dan MRT, Terhadap Optimalisasi Kemacetan dan Integritas antar Daerah di Indonesia” adalah judul dan topik pembahasan dalam Seminar Nasional CED 2017 Sasambara yang akan diselenggarakan pada tanggal 09 Mei 2017. Pembahasan tersebut meliputi, Kondisi dan masalah sistem transportasi kereta di Indonesia secara detail dengan pemaparan survei ataupun fakta penelitian, Kondisi dan masalah sistem transportasi kereta di Indonesia secara singkat, Pembangunan sistem kereta cepat di Indonesia yaitu MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit) yang menjadi salah satu agenda pembangunan nasional saat ini dalam mengatasi kemacetan pada sistem kereta api. Dalam pembahasan – pembahasan tersubt kami mengharapkan seminar ini dapat Mengenalkan dan memberikan informasi mengenai pengembangan sistem transportasi kereta api dan MRT yang sedang berlangsung di era pemerintahan presiden Joko Widodo, Memberikan pengetahuan dan informasi mengenai hubungan dari sistem transportasi kereta api dan MRT terhadap optimalisasi kemacetan di kota – kota besar dan integritas antar daerah di Indonesia. Dalam seminar ini pembicara yang akan dihadirkan adalah pembicara dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) , PT. Hutama Karya (HK) , Maska (Masyarakat Pecinta Kereta Api).

TINJAU LAPANGAN

Dalam era globalisasi sekarang ini, negara-negara dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu aspek negara yang dipengaruhi perkembangan zaman yaitu pertumbuhan infrastruktur untuk melayani kebutuhan masyarakatnya. Sejalan dengan hal itu, saat ini sedang dilakukan banyak pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Terdapat juga beberapa mega proyek yang sedang di kerjakan. Mega proyek ini diharapkan dapat mendukung infrastruktur di Indonesia dan dapat bersaing dengan negara lain. Oleh sebab itu Indonesia membutuhkan tenaga ahli di bidang konstruksi.

Mahasiswa teknik sipil merupakan bibit-bibit muda untuk tenaga ahli konstruksi, namun sistem pembelajaran di dalam kelas sangatlah kurang untuk memperdalam pengetahuan karena teknik sipil merupakan ilmu yang tidak bisa jika hanya belajar lewat teori saja namun harus dilengkapi dengan gambaran langsung ketika di lapangannya. Mahasiswa teknik sipil seringkali mengalami kesulitan membayangkan atau memahami materi – materi kuliah karena kurangnya pengetahuan umum mengenai bidang yang dibahas.

Dalam rangka memperingati Civil Engineering Days 2017 (CED 2017), mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan Tinjau Lapangan yang ditujukan kepada mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Teknik Sipil yang berminat untuk mengikuti kegiatan yang kami selenggarakan.

Kegiatan Tinjau Lapangan Civil Engineering Days 2017 akan dilaksanakan dari tanggal 2 Mei 2017 sampai 6 Mei 2017 bertempat di wilayah Jakarta. Pada Tinjau Lapangan Civil Engineering Days 2017 kali ini peserta akan melakukan tinjau lapangan dengan dua tempat yang berbeda. Tempat pertama adalah meninjau lokasi industrial. Tempat pertama para peserta akan diajak meninjau ke lokasi industrial. Lokasi industri yang akan ditinjau adalah PT. Krakatau Steel. PT Krakatau Steel merupakan salah satu perusahaan baja terbesar di Indonesia yang berlokasi di Cilegon, Banten. PT. Krakatau Steel memproduksi baja ringan yang ramah lingkungan sehingga material bangunan yang digunakan dapat mengantisipasi pemanasan global yang berdampak negatif terhadap suatu arsitektur bangunan. Produk yang dihasilkan diantaranya rangka atap baja ringan, material-material pendukung bangunan. Tempat kedua para peserta akan di ajak meninjau pelaksanaan Proyek Transportasi secara langsung di LRT Jakarta. LRT Jakarta, singkatan dari Light Rail Transit Jakarta adalah sebuah sistem Mass Transit dengan kereta api ringan (LRT) yang dibangun di Jakarta yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Proyek LRT Jakarta yang akan ditinjau terletak di daerah Sentul. Jakarta LRT ini merupakan salah satu mega proyek yang sedang dibangun di Indonesia dan merupakan proyek infrastruktur yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang luar biasa di ibu kota.

Kegiatan yang mengusung tema “Mengembangkan Moda Transportasi Di Indonesia” mengharapkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan kali untuk menggali banyak ilmu di lapangan yang tidak didapatkan selama perkuliahan. Selain itu terdapat juga Kuliah Umum yang memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada mahasiswa agar mendapatkan ilmu terlebih dahulu sebelum melakukan tinjauan ke Proyek LRT Jakarta dan PT. Krakatau Steel sehingga mahasiswa bisa mendapat gambaran mengenai tempat Tinjauan Lapangan.

Sekitar 60 peserta, akan ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dalam melakukan tinjauan ke Proyek LRT Jakarta dan PT. Krakatau Steel. Pada kegiatan puncak, selain melakukan Tinjauan Lapangan ke lokasi proyek dan industri, mahasiswa juga akan diajak untuk mengujungi beberapa tempat-tempat wisata menarik yang ada di Jakarta seperti Dunia Fantasi (Dufan) sehingga mahasiswa dapat mengembangkan wawasan dan berekreasi dengan menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan dalam memperingati Civil Engineering. Setiap tahunnya kegiatan ini disambut antusias dari seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Atma Jaya Yogyakarta. Namun dengan terbatasnya kuota peserta sehingga tidak semua mahasiswa dapat mengikutinya. Oleh karena ini kegiatan Tinjau Lapangan CED 2017 selalu dilakukan setiap tahunnya dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang berbeda sehingga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang sudah ataupun belum pernah mengikuti kegiatan ini akan tertarik untuk mengikutinya.

CLOSING CEREMONY

Closing ceremony , sesuai dari definisi katanya yang berarti “upacara penutupan”, merupakan acara penutup dari rangkaian kegiatan CED 2017. Closing ceremony 2017 kali ini mengangkat “Lorong Waktu” sebagai tema acaranya. Ditengah-tengah era yang serba modern ini, kadang kita melupakan indahnya nuansa tradisional. Oleh karena itu kami berusaha menghadirkan nuansa tradisional, lengkap dengan games-games dan juga jajanan tradisional, namun dengan tanpa menghilangkan unsur modern. Jadi kita serasa dibawa melewati lorong waktu karena kita bisa menikmati kedua nuansa ini dalam satu event yang sama. “Lorong waktu” disini bukan hanya sekedar kata-kata belaka, karena saat pengunjung datang, pengunjung akan benar-benar disuguhi oleh lorong sebagai pintu masuk menuju kedalam tempat acara.

Closing ceremony 2017 akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 . Rangkaian acara akan dimulai dari pukul 10.00 WIB, akan dibuka dengan dengan sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dari lomba beton CED 2017. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pentas pentas musik dari band-band pengiring terbaik yang tentunya akan menampilkan penampilan memukau, untuk membuat satu momen terbaik dalam Closing Ceremony bersama CED. Untuk tahun ini kami menghadirkan Sheila On 7 sebagai bintang tamu utama, serta Illona and the soulproject juga Sri Plecit untuk semakin memeriahkan Closing Ceremony 2017. Juga tak lupa kami mengundang 3 band pengisi untuk semakin memperkenalkan talent-talent lokal ke masyarakat luas.

Bagi kalian para pecinta kuliner kami juga menyediakan banyak stand-stand makanan, dari jajanan ringan yang tradisional sampai dengan makanan-makanan kekinian yang sedang booming saat ini. Tentunya lidah para pecinta kuliner akan dimanjakan dengan makanan-makanan yang ada di sini. Kerinduan akan makanan-makanan tradisional yang sekarang sudah mulai jarang ditemui pun dapat terobati.

Pengalaman yang menyenangkan dan malam yang menarik akan disuguhkan dalam Closing Ceremony nanti untuk semua kalangan masyarakat yang hadir. Bukan hanya mahasiswa dan mahasiswi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang akan merasakan kesenangan ini, tetapi juga semua lapisan masyarakat yang ada dapat menikmati Closing Ceremony bersama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha *