JAGONGAN WAGEN & PERTEMUAN PERTAMA: Sebuah project awal Ruang Seni Rupa di PSBK

image001

JAGONGAN WAGEN Edisi JULI 2013

Minggu, 7 Juli 2013 – Pukul 19.00 WIB

Di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

 

PERTEMUAN PERTAMA: Sebuah project awal Ruang Seni Rupa di PSBK

Pembukaan: Minggu, 7 Juli 2013 – Pukul 19.00 WIB

Di Lantai 2, Gedung Darmawulan, PSBK

Pameran Berlangsung: 8 Juli s/d 7 September 2013

Buka hari Rabu-Sabtu, jam 10-16 WIB

Jagongan Wagen Edisi Juli 2013 kembali menggelar dan mempresentasikan wujud kreativitas seni dan kesenian di panggung Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), yang selama 6 tahun ini telah mengakrabkan ruang masyarakat dengan ruang seniman setiap bulannya.  JW Edisi Bulan Juli kali ini, menjadi ruang belajar para seniman untuk belajar secara kolaboratif, dalam menjadi kreator dan menyajikan kekuatan artistik berkesenian yang bersifat individual dan kolektif. Yang antara lain adalah Dwi Arti Handayani (a.k.a. Si Thenk)Wasis Tanata, dan Citra Pratiwi. Ketiga seniman tersebut juga akan menghadirkan para penampil pendukung yang juga telah berproses kreatif seni bersama mereka, dan memiliki kemahiran lain selain mereka bertiga yang juga luar biasa.

Kehadiran JW kali ini, juga sekaligus ingin merayakan kelahiran atau dibukanya ruang belajar selain seni pertunjukan, yaitu ruang seni rupa di PSBK. Menghadirkan ruang ini juga merupakan upaya belajar seni dan kesenian yang masih membawa spirit pendiri PSBK (alm. Bagong Kussudiardja) yang beliau juga adalah seorang seniman rupa. Hadirnya ruang baru tersebut, sesungguhnya PSBK tidak hanya mengaktifkan ruang fisik galeri, tetapi juga ruang nonfisik yang akan menghadirkan praktek dan kegiatan seni yang berbasis rupa. Pertemuan Pertama sebagai landasan projek yang mengawali perjalanan ruang ini. Doni Maulistya, Erwan Hersisusanto, Hafez Achda, Iwan Effendi, dan Octo Cornelius adalah 5 perupa yang hadir pertama untuk menyapa dan mengucapkan selamat datang dengan bahasa instalatif mereka, sekaligus sebagai yang melahirkan atau menghidupkan kembali spirit seni rupa yang pernah ada di PSBK.

Dua kegiatan tersebut di atas akan menjadikan PSBK semakin kaya dan berwarna kehidupan seni dan keseniannya. Spirit dan metode belajar yang digiatkan pada dua (2) kegiatan seni dan kesenian tersebut, merupakan hasil budi daya seni yang menjadi sumber serta kekuatan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, sebagai rumah budaya dan tempat seni dan kesenian di Yogyakarta yang didirikan dan dibangun oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tahun 1978. Yang sampai hari ini masih memupuk proses belajar aktif di dalam, dengan, dan dari seni, melibatkan seniman dan masyarakat umum melalui kegiatan seni dan kesenian PSBK.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Ds. Kembaran Rt. 04, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY

Tel/Fax (0274) 414-404, E: info@psbk.or.id

Twitter: @PSBK_Jogja

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.