JALAN REMAJA 1208

JR1208

JALAN REMAJA 1208

“Jalan Remaja 1208 adalah program tahunan yang mengajak beragam remaja Indonesia
untuk menyuarakan cara pandang dan sikapnya ke masyarakat luas lewat video diary.
Video diary tersebut diputar dan didiskusikan secara luas dan serentak
di berbagai komunitas sebagai refleksi hari remaja internasional (12 Agustus)”.

“WARNA-WARNI INOVASI”

Menjadi Inovatif, Menjadi Berdaya: Remaja Indonesia Merayakan Hari Remaja Internasional lewat Jalan Remaja 1208
Beberapa hari lagi menuju Hari Remaja Internasional, 12 Agustus 2016. Diprakarsai pada tahun 1999 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) untuk mengajak masyarakat dunia memberi perhatian khusus pada isu-isu anak muda dan sebagai momen untuk merayakan potensi orang muda sebagai bagian dari masyarakat global. Hari Remaja menjadi momentum bagi remaja untuk diakui sebagai warga negara yang punya andil dalam perubahan di lingkungannya masing-masing.
Di Indonesia, Kampung Halaman turut merayakannya dengan memulai gerakan dengan nama, Jalan Remaja 1208 sebuah refleksi remaja Indonesia di hari Remaja Internasional untuk menyuarakan sikap dan cara pandang komunitas remaja Indonesia ke publik melalui media. Remaja akan mengekspresikan narasi-narasi kecil dan menunjukkan perannya sebagai warga beradaya.
KH mengajak remaja di komunitas untuk menyuarakan pendapat tentang hal-hal sekitar lewat produksi video pendek tematik berdurasi maksimal 6 menit yang disebut video diary. Diary audiovisual yang dibuat remaja adalah proses dimana remaja bersama-sama teman sebaya menyuarakan opini dan pandangan terhadap situasi atau kondisi tertentu di komunitas atau kampungnya. Video-video diary tersebut akan diputarkan serentak oleh remaja di depan khalayak di lingkungan masing-masing dan berkesempatan pula diputarkan di tempat-tempat lain.

Jalan Remaja 1208 dimulai sejak tahun 2009 hingga tahun 2015 dengan tema Sekolah Kehidupanku, Rumahku Duniaku, Me Instan? Made in Indonesia, Catatan Remaja untuk Indonesia, Aksi Asik dan Kita Sensitif. Gerakan ini telah mengumpulkan 198 video diary yang dibuat oleh 1172 remaja di 139 komunitas dan diputarkan di 355 titik pemutaran di seluruh Indonesia Jumlah penonton rata-rata pada tiap pemutaran yang juga disertai diskusi kurang lebih 30 orang yang terdiri dari remaja, masyarakat setempat, aparatur desa.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Warna-Warni Inovasi”. Di Jalan Remaja 1208 tahun 2016 ini, remaja diajak untuk merefleksikan kembali inovasi usaha yang dilakukan di sekitar mereka mulai dari lingkungan terdekatnya. Remaja diajak untuk peka memberikan pendapatnya tentang dampak inovasi usaha di sekitarnya.

Tema ini kami pilih setelah 10 tahun perjalanan kami berjumpa dengan banyak remaja yang berdaya dengan aksi dan inovasi usaha mereka. Kami juga berkenalan dengan komunitas yang giat mendampingi remaja dengan penelitian dengan aneka disiplin ilmu seperti Sagasitas. Pertemuan dan perkenalan tersebut memberikan makna penting bahwa remaja sebagai warga yang berdaya adalah hal yang nyata.

Tahun ini ada 10 video diary produksi remaja dari Bandung, Purbalingga, Cilacap, Jepara dan Kebumen. Selain video diary, Kampung Halaman juga menerima radio diary dan tulisan opini remaja. Remaja yang tidak meproduksi media pun tetap bisa terlibat membuat pemutaran mandiri lewat Bioskop Remaja. Sampai dengan hari ini tercatat 16 titik pemutaran di seluruh Indonesia. Aktivitas tersebut adalah upaya membuka ruang diskusi dan mendorong remaja menjadi lebih peka dan acuh (peduli) terhadap lingkungan sekitar.

Aktifitas puncak Jalan Remaja 1208 Tahun 2016 adalah Panggung Remaja yang akan diselenggarakan tanggal 12 Agustus 2016 di Kampung Halaman. Kampung Halaman dan Jalan Remaja Youth Coop, mengajak remaja untuk menunjukan karya mereka di hari remaja internasional. Remaja yang terlibat di Panggung Remaja adalah SAGASITAS (remaja dan karya ilmiah), Angga Waskita, Gardika Gigih, Pantomim Beringinrimbun, Solo Dance by Mirza Rahman, Ananya Laoctadufa/ Soundcloud YK dan live mural.

Narahubung :
Bagus – 08563512343 / Koordinator Panggung Remaja JR1208
Email : jr1208@kampunghalaman.org

Tentang Kampung Halaman
Kampung Halaman adalah organisasi nirlaba yang berdiri pada tahun 2006, bertujuan untuk memperkuat peran remaja dan anak muda di komunitasnya masing-masing melalui program pendidikan popular berbasis media komunitas yang dilakukan secara kolaboratif. Kampung Halaman berbasis di Yogyakarta, bekerja sama dengan beragam rekan di seluruh Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut.

Yayasan Kampung Halaman
p: 085100478602 m: 0816678183 a: Dusun Krapyak, No 18, Rt. 05/Rw. 55, Desa Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta – 55584 Indonesia
s: www.berisik.id e: yusuf@kampunghalaman.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.