KDM #3: PERSEPSI, MISPERSEPSI, DIAPUSI

Poster KDM 3
Klub DIY Menonton (KDM) #3

Setelah menggelar program Jejak-Jejak dan Marginalia, Klub DIY Menonton kali ketiga—KDM #3—memilih “Persepsi, Mispersepsi, Diapusi” sebagai tajuk program. KDM #3 yang akan dilaksanakan pada Senin, 25 April 2016, pukul 19.00 WIB, di Loop Station YK ini akan memutar empat film pendek pilihan, di antaranya: Ambyar (2015) arahan Jeihan Angga; Menuk (2013) arahan Bobby Prasetyo; Peronika (2004) arahan Bowo Leksono; dan Tikus (2014) arahan Khusnul Khitam.
Pratista Wibowo selaku juru program KDM #3 dalam pengantarnya menjelaskan. “Empat film pendek tersebut kami pilih karena bertutur dengan menekankan persepsi, tata adegan, dan cerita dalam tatanan sosial tertentu. Empat film tersebut tidak memilih akhir dengan menawarkan solusi-solusi yang menggurui, melainkan dengan lekasan adegan yang relatif tak terduga.”
Menjadi percobaan yang menarik untuk mengetahui bagaimana perspektif pembuat film ketika membuat karyanya dan bagaimana persepsi penonton terhadap film yang ditontonnya. Mengutip kembali pengantar yang ditulis Wibowo dalam pengantarnya “Pada sesi diskusi nanti arahnya akan kami jangkarkan pada dua titik perspektif. Dari perspektif pembuat film, kami akan mempertanyakan bagaimana para pembuat film tersebut menerjemahkan realitas sosial ke dalam film dan bagaimana para pembuat film memainkan sebuah persepsi melalui filmnya. Sementara dari perspektif penonton, kami akan memfasilitasi persepsi penonton yang mereka dapat dari empat film yang diputar”.
Dalam KDM, sesi diskusi juga selalu menjadi bagian yang ditunggu oleh para penonton pasca pemutaran. Selain bisa langsung bertanya kepada filmmaker, para penonton juga dapat bertukar pikiran dengan perspektif yang beragam. Ini terlihat dari dua pemutaran KDM sebelumnya, antusias penonton begitu besar untuk bertanya dan berpendapat. Terbukti dengan selalu penuhnya ruang pemutaran di Loop Station YK. Suasana diskusi yang hidup pun membuat penonton dan filmmaker tak merasakan waktu yang terbatas.
Untuk para calon penonton KDM #3, panitia kembali menyarankan agar datang sebelum open gate, karena terbatasnya kuota yang disediakan. Perlu diingat, registrasi untuk berpartisipasi ke dalam Klub DIY Menonton dilakukan on the spot dan tidak dipungut biaya. Untuk info lebih lanjut tentang KDM #3 bisa melalui nara hubung: 0822 1658 8488 (Wimba).
Salam Sinema!
*Email: klubdiymenonton@gmail.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.