KELAS BER(ISI)K

Kelas Ber(isi)k

“KELAS BER(ISI)K!”

Oleh WELDGOOD MAGAZINE

Kelas Ber(isi)k! adalah sebuah medium yang digagas kawan-kawan redaksi Weldgood Magazine sebagai wadah sharing informasi. Dalam acara ini audiens akan duduk seperti suasana dalam kelas untuk mendengarkan materi dari narasumber yang kompeten dalam sebuah bidang tertentu. Namun bayangan akan lanskap kelas pada umumnya akan sirna seketika setiap usai satu sesi materi, akan dilanjutkan dengan pertunjukan sebuah musik. Diharapkan para penampil mampu merespon materi yang dibawakan oleh narasumber dengan karya musiknya.

Mengapa di ruang kelas? Kami memilih ruang kelas agar stereotipe kelas-kelas belajar, baik formal-mauapun non-formal, yang menjenuhkan bisa menghilang. Bagi kami, sebuah proses pembelajaran harus bisa dilakukan dengan serius sekaligus santai, atau sebaliknya, santai namun serius. Weldgood Magazine sebagai media informasi dan kreatifitas merasa bahwa sebuah informasi tak bisa didalami jika hanya bersumber pada bahan bacaan saja. Diperlukan ruang-ruang belajar yang menghadirkan pendalam suatu materi. Memang kami sadari bahwa belajar tak harus di dalam ruang-ruang kelas, namun mengapa menghindari ruang-ruang tersebut jika bisa diakses siapapun dengan mudah-bahkan tanpa biaya?

Jika ruang-ruang belajar semacam ini terlaksana, maka mungkin tak ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang mengendap menjadi kebingungan kolektif pada suatu masalah. Apalagi jika kelas belajar tersebut tak hanya membagi suatu informasi, namun juga memberi referensi bagi kita dalam proses pembuatan karya yang lebih dalam. Memang padi tumbuh tak berisik, namun apabila para petani tak bersuara untuk mengusir hama, bulir nasi yang bisa menghidupi banyak orang hanya akan tinggal cerita. Maka bersuaralah jika memang harus bersuara. Jika orang-orang tak peduli pada mimpi yang kita bangun, mungkin masalah kita satu: kita kurang ber(isi)k!

                       

Detail acara

 Tempat

Kampus STSRD Visi Yogyakarta Ruang.1-1

Waktu

Rabu , 27 Januari 2016 pukul 14.00-17.00 wib 

Pembicara

Doni (Music For Everyone)

Anom (weneedmorestages.com)

Menus (Kongsi Jahat Syndicate)

Hendra HeHe (Ace House Collective)

Wowok (Yes No Wave music)

Pemberisik

Crime

To die

Sabarbar

Vit-Sea

Summerchild

 

Teknis: Acara dimulai pukul 14.00, format acara adalah kelas reguler dengan band sebagai pembeda. Pembicara akan berbagi sharing informasi selama kurang lebih lima belas menit/sesi, kemudian dilanjutkan dengan penampil musik. Setiap musik mulai bermain, lampu utama kelas akan dipadamkan, diganti oleh rampu redup sehingga ada pembeda antara materi kelas dan hiburan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.