LAUNCHING & TUR ALBUM “SESILIRIN” JOHANES KRISTIANTO

Launching dan Tur Album ‘Sesiliran’
Oleh Johanes Kristianto

Penampil : Johanes Kristianto
Lokasi Pertunjukan : Tembi Rumah Budaya
Waktu : Kamis, 31 Januari 2019

Launching dan Tur Album ‘Sesiliran’ akan dipentaskan oleh Johanes Kristianto. Lulusan Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini adalah seorang penampil, arranger, dan komposer untuk gitar. ‘Sesiliran’ berangkat dari kegelisahan Johanes mengenai krisis percaya diri yang menyebabkan seseorang takut untuk berharap, khususnya di bidang musik. Berdasarkan pengalamannya ketika hadir di kompetisi gitar nasional maupun internasional, Johanes menemukan bahwa jarang sekali ada yang memainkan komposisi yang dibuat oleh komponis lokal.

Hal tersebut memotivasi Johanes untuk membuat album yang mengambil wacana tentang harapan dengan menjadikan percaya diri sebagai pijakan utama sebelum berani berharap. Album ini bertujuan memberikan penyegaran serta pengetahuan bagi telinga dan pikiran, sekaligus sebagai identitas karya gitar klasik ala Indonesia. Komposisi album ini dibuat dengan nada yang mudah dicerna agar bisa lebih dekat dengan perasaan pendengar, namun juga berusaha membagun pengetahuan. ‘Silir’ diambil dari bahasa Jawa yang berarti sejuk. Sifat ini dimiliki oleh angin, angin yang berhembus memberikan nafas untuk siapa saja yang berharap padanya. Tidak dapat dilihat namun bisa dirasakan dampaknya. Perlu disadari keberanian untuk berharap tidak serta merta datang begitu saja, percaya diri menjadi tingkatan yang perlu ditapaki sebelum memasuki tahap pengharapan. Sesiliran merupakan kata yang diambil untuk merepresentasikan album ini, yang mencoba mengajak pendengarnya untuk berani berharap dan percaya akan diri sendiri.

Album ini berisi 9 lagu. Komposisi dalam album ini ia dedikasikan untuk teman-teman gitaris beserta orang tuanya. Launching dan tur album ini merupakan bentuk konkrit dalam menularkan rasa percaya diri kepada siapa saja yang berani berharap dengan Johanes dan karyanya. Bagi Johanes, memupuk rasa percaya diri penting dilakukan untuk memberikan harapan kepada perkembangan gitar klasik di Indonesia. Semoga karya di dalam album ini dapat berguna dalam membentuk rasa percaya akan diri sendiri dan menambah repertoar gitar di Indonesia.

Pertunjukan ini didukung oleh:
Taman Palem Lestari Golf Lake Residence
Studiolima
Universitas Negeri Jakarta
Tembi Rumah Budaya
Forum Musik Tembi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.