MELANCHOLIC BITCH MERAYAKAN HARI JADI DENGAN MERILIS VIDEO MUSIK DAN SINGLE KEDUA “DAPUR, NKK/BKK”

Setelah peluncuran single “Bioskop, Pisau Lipat” dan album “NKKBS Bagian Pertama” pada September lalu, band Melancholic Bitch merilis single kedua “Dapur, NKK/BKK” pada 11 November 2017, yang konon bertepatan dengan perayaan 18 tahun terbentuknya band tersebut. Rilisan single ini juga ditandai dengan video musik yang dikerjakan oleh seniman Akiq AW.

Lagu “Dapur, NKK/BKK” merujuk pada narasi tentang propaganda Orde Baru yang secara ekstensif menguasai dari wilayah privat (dapur) hingga ke wilayah publik (kampus, dunia intelektual). Kontrol negara atas ruang-ruang publik ini secara simbolis digambarkan dengan lirik seperti “tetangga berubah polisi”, “kota sudah dikepung tentara”,dan beberapa frasa lain yang berulang dalam lagu ini. “NKK/BKK” tentu merujuk pada kebijakan Orde Baru pada awal 1980an yang melarang mahasiswa untuk terlibat dalam aktivitas-aktivitas politik.

Video klip garapan Akiq AW menerjemahkan gagasan lagu ini dengan memberi penekanan pada soal pen-disiplin-an dan situasi domestik keluarga Indonesia. Ia mengambil gambar aktivitas keluarganya di pagi hari, ketika menyiapkan anak-anaknya untuk berangkat sekolah, di dapur rumahnya sendiri. Keluarga ini bergerak dengan gestur-gestur ala militer, sebagaimana yang ditekankan pada lagu ini. Menariknya, jika program KB mengampanyekan dua anak cukup, Akiq AW sendiri mempunyai tiga anak perempuan yang secara alamiah memberikan nuansa humor pada video ini.

Selain video musik dan single “Dapur, NKK/BKK”, Melancholic Bitch dan Ark Galerie juga menerbitkan edisi khusus album yang dicetak dalam bentuk buku. Buku yang jumlahnya sangat terbatas ini mencakup lirik kesebelas lagu yang ada dalam album “NKKBS Bagian Pertama” dan foto-foto karya Akiq AW, serta semacam essay pengantar tentang tema yang sedang dikulik oleh Melancholic Bitch dan Akiq AW sendiri.

Kolaborasi dengan Akiq AW diinisiasi setelah seniman asal Yogyakarta ini menyelenggarakan Pameran “Satu Langkah Seribu Langkah” di Ark Galerie, Yogyakarta, Mei 2017 silam. Mengangkat tema yang hampir serupa, seputar gagasan tentang keluarga dan propaganda Orde Baru, Melancholic Bitch menggandeng Akiq AW untuk memberikan respons visual terhadap narasi yang ditawarkan dalam album “NKKBS Bagian Pertama”. Semenjak 2014, Akiq AW menelusuri desa-desa di Pulau Jawa dan mendokumentasikan relief-relief kampanye Keluarga Berencana yang ditemui di ruang-ruang terbuka di desa. Setidaknya, ia berhasil menghimpun 80 buah foto yang secara visual memberikan gambaran tentang bagaimana rezim Orde Baru membangun gagasan tentang keluarga ideal.

Satu informasi penting lagi, pada November ini, rilisan album “NKKBS Bagian Pertama” juga sudah dapat diunduh melalui aplikasi iTunes dan Spotify, setelah dua bulan lalu mereka mengunggah lagu-lagu dari dua album sebelumnya, Re-Anamnesis serta Balada Joni dan Susi.

Buku Album NKKBS Bagian Pertama dapat diperoleh di :
– Omuniuum (Bandung)
– Pengerat Shop (Yogyakarta)

Contact :
Record Distributor : traumairama.record@gmail.com
Band Management : mimelbi@gmail.com
FB : https://www.facebook.com/melancholicb1tch
IG : https://www.instagram.com/melancholic_bitch
Twitter : https://twitter.com/simelbi
Youtube : https://www.youtube.com/wekwekcuih
Bandcamp : https://simelbi.bandcamp.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.