ONE STOP FILM LEARNING BERSAMA PAGUYUBAN FILMMAKER JOGJA

IMG20170410100531

One Stop Film Learning bersama Paguyuban Filmmaker Jogja

Sleman, Yogyakarta (11/4)-Paguyuban Filmmaker Jogja melaksanakan workshop mandiri bertajuk One Stop Film Learning #1 Choaching Clinic Story: Principle of Screenwriting pada 10-11 April 2017. Workshop dilaksanakan selama dua hari bertempat di Hompympaa Artwork dengan pemateri Senoaji Julius. Mengangkat tema prinsip-prinsip dasar cerita , workshop ini bertujuan untuk berbagi ilmu mengenai dasar-dasar penulisan kepada para penulis skenario muda Jogja.

Workshop perdana dari Paguyuban Filmmaker Jogja menekanakan pada penulisan naskah, hal ini berawal dari kegelisahan Senoaji Julius akan banyaknya penulis skenario Jogja yang kerap melupakan prinsip dasar sebuah skenario dalam menuliskan cerita. “Di Jogjakarta banyak sekali penulis-penulis skenario yang mampu untuk menulis cerita dengan sangat baik, sayangnya mereka kerap kali melupakan prinsip dasar dalam menuliskan sebuah cerita, workshop ini bertujuan untuk mengingatkan hal tersebut”, Ujar Seno. Selama dua hari, pemateri membagikan materi seputar hakikat cerita, karakterisasi, ide , peristiwa cerita dan alur cerita.

Diharapkan melalui workshop ini, para penulis skenario muda atau filmmaker muda Jogja mampu memahami estetika dalam menghadirkan ide dan emosi secara bersamaan sehingga cerita menjadi lebih bermakna. Peserta diajak untuk memahami hakikat cerita, memahami penyusunan penokohan hingga membuat alur cerita yang menarik. Senoaji berharap melalui workshop ini, para peserta mampu menghasilkan cerita yang utuh, bermakna dan memiliki nilai yang baik, selain itu diharapkan peserta dapat membagikan ulang ilmu yang didapatkan kepada filmmaker lainnya.

Sepanjang workshop berlangsung, tidak hanya pemberian materi satu arah saja namun juga observasi langsung melalui karya film yang merupakan cerita yang telah ditulis oleh para peserta. Peserta diberikan kesempatan untuk menonton masing-masing karya mereka dan dibagikan kelompok untuk mendiskusikan dan menganalisis kelebihan dan kekurangan dengan menilik kembali pada prinsip-prinsip dasar cerita yang telah dibagikan oleh pemateri. Ginanjar, salah satu perserta workshop menyatakan “Selama dua hari ini berkesan sekali, mas Seno memberikan hal yang tidak saya terima sebelumnya, hal yang diajarkan membukakan hati saya bahwa cara saya menuliskan naskah perlu diperbaiki tapi saat ini saya mejadi lebih berani menulis ide-ide saya dengan berpegang pada prinsip-prinsip dasar yang diajarkan”

One Stop Film Learning merupakan salah satu program dari Paguyuban Filmmaker Jogja yang berawal dari ide untuk berbagi ilmu kepada sesama pembuat film untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat film. Melalui One Stop Film Learning, Paguyuban Filmmaker Jogja berharap bisa menjadi wadah untuk para pembuat film belajar sesuai dengan jobdesk masing-masing.

“Kedepannya, Paguyuban Filmmaker Jogja akan kembali mengadakan workshop serupa seperti prinsip produksi, pengaktoran, artistik, editing dan lainnya” ujar Bambang “Ipoenk” KM ( Ketua Paguyuban Filmmaker Jogja).

CP: 0853-30000-600 (Lidia)

IMG20170410132539 IMG20170411115654 IMG20170411120037 IMG20170411131147 IMG20170411164905 IMG20170411164911

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.