PAMERAN SENI DIES NATALIS UST 60 “TAMAN LALEN”

poster taman lalen 2 jadi
Dies Natalis UST 60 “Taman Lalen”
Forum Mahasiswa Seni Rupa
10 Oktober – 13 Oktober 2015 di Jogja National Museum

Forum Mahasiswa Seni Rupa (FMSR) UST adalah sebuah oraganisasi yang menghimpun mahasiswa dan mahasiswi perogam studi pendidikan seni rupa UST yang mampu merodai ataupun menjembatani berbagai macam kegiatan serta aspirasi mahasiswa yang ada dikalangan mahasiswanya guna meningkatkan mutu akademik maupun non akademik. Sebagai Progam Kerja dari Departemen Kesenian dan Kebudayaan maka melaksanakan acara Art Exhibition dalam rangka memperingati Dies Natalis UST 60.
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) adalah satu perguruan tinggi yang didirikan langsung oleh bapak pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. UST didirikan pada tahun 1955 maka dalam tahun 2015 ini genap berusia 60 Tahun. Maka sudah tidak muda lagi bagi umur sebuah lembaga pendidikan.
Dalam acara yang bertajuk Taman Lalen adalah sebuah ungkapan sekelompok pemuda/pemudi Tamansiswa menanggapi polemic yang ada di Nasional. “Taman” yang berarti tempat kelompok bermain. “Lalen” adalah sebuah istilah Jawa yang mengandung arti Pelupa. Taman Lalen mengandung filosofi dimana terdapat sebuah kelompok yang sedang bermain di sebuah taman, namun para tersebut lupa akan tujuan permainan yang sedang mereka lakukan. Permainan disini hanya suatu simbolis dari kegiatan interaksi-interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam menggapai sejuta ambisi mereka dalam menempuh jalan pencapaian cita-cita di perguruan Tamansiswa.
Pameran Utama sendiri memerlukan proses yang lama dari penggodogan issue, proses pengkaryaan dan penyeleksian karya baik dari mahasiswa, dosen maupun para alumni. Pameran utama akan di kuratori oleh Prof. M. Dwi Marianto, PhD. Sedangkan pembukaan pameran utama akan dibuka oleh Prof. Dr. Sri Edi Swasono selaku Ketua Umum Majelis Luhur Tamansiswa yang akan dibuka pada tanggal 10 Oktober 2015 pukul 19.00 WIB.
Untuk mengembangkan upaya meningkatkan pola pikir baik mahasiswa, dosen, keluarga besar tamansiswa dan masyarakat FMSR juga telah mempersiapkan Diskusi seni oleh M. Rusnoto Susanto, M.Sn yang akan membahas topik yang berkaitan dengan “Rekontruksi Ellanvital” yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Oktober 2015 di Jogja National Museum.
Selain itu Forum Mahasiswa Seni Rupa juga telah mempersiapkan berbagai acara yang akan dilaksanakan di Jogja National Museum selama tiga hari tiga malam. Seperti Band-band Indie, Tari Tradisional, Workshop Visual Art, Performing Art, Pertunjukan Teater, Dj dan Pembacaan Puisi akan membantu meramaikan acara “Dies Natalis UST 60”.
Rangkaian acara Pameran Utama, Pertunjukan Seni, Diskusi Seni dan Workshop akan menjadi ruang bagi masyarakat Indonesia untuk mengambil bagian dari peristiwa seni setiap tahunan ini. Dengan mengakomosi keragaman praktik artistik dan wacana yang berkembang di luar ruang seni di pusat kota. Juga untuk menggali gagasan kreatif dan pemikiran-pemikiran kritisnya yang terkait dengan tema pameran dan terealisasikan di Indonesia.

Salam,
Forum Mahasiswa Seni Rupa

NARASUMBER :
·    M. Dwi Marianto – Kurator “Dies Natalis UST 60”
·    M. Rusnoto Susanto – Dosen Pembibing Pameran “Dies Natalis UST 60”
·    Muhammad Aziz Mutaqqin – Pimpinan Umum Forum Mahsiswa Seni Rupa
·    Catur Pria Nata – Kepala Departemen Hubungan Masyarakat FMSR

INFO LEBIH LANJUT :
·    W : fmsrust.tumblr.com
·    E  : fmsrust@gmail.com
·    T : @FMSRUST
·    F : Forum Mahasiswa Seni Rupa UST

CONTAC PERSON :
Catur Pria Nata
Kepala Humas FMSR
Prianata13@gmail.com
085769958292

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.