XEROXED : ORIGINAL COPY

poster acara
Barasub – Amazing Frontier – RAR Editions
Present:

XEROXED: ORIGINAL COPY
Dalam rangka merayakan rilisan buku terbaru dari masing-masing kolektif, Barasub, Amazing Frontier dan RAR Editions bekerja sama untuk membuat sebuah pesta rilis bertajuk XEROXED: Original Copy. Acara ini akan diadakan di Sangkring Art Space, Nitiprayan, Jogjakarta pada Sabtu, 20 Agustus 2016. Ketiga kolektif yang berasal dari Jogjakarta ini sama-sama bergerak di jalur penerbitan independen dan memiliki ketertarikan dalam menggeluti hal-hal yang kurang lebih saling bersilang satu sama lain.
Lebih dari sekedar pesta rilis buku biasa, XEROXED: Original Copy akan mengada sebagai perayaan atas mesin xerox, yang selama ini menjadi medium yang digunakan ketika kolektif untuk berproses. Judul acara ini sendiri dipilih karena dianggap bisa menggambarkan identitas ketiga kolektif sebagai penggerak jalur alternatif penerbitan buku. Dimana yang dilakukan adala menduplikasi sebuah ide pikiran ke dalam bentuk bacaan yang dapat disebarluaskan dan dikonsumsi publik.
Empat rilisan baru yang akan dirilis di XEROXED: Original Copy ini terdiri dari: Graos dari Barasub, Amazing Frontier Issue 01 dari Amazing Frontier dan dua judul dari RAR Editions yaitu zine dari Isnain Bahar berjudul Noun:Home dan sebuah antologi puisi Alfin Rizal berjudul Lisan Tulisan. Sama-sama digerakkan oleh anak muda, ketiga kolektif ini sebelumnya telah merilis berbagai rilisan buku dan zine.
Selain acara inti perilisan buku tersebut, rangkaian acara akan terdiri dari ‘Xerox Party’, yaitu sebuah pameran karya perfomatif bermedia mesin fotokopi oleh tiga kolektif inisiator, lokakarya “zine making & print experiment”, acara musik yang akan menghadirkan line up DJ Brengoos, DJ Shnds, dan DJ Stanizters, dan bazaar seni. Karya dari ‘Xerox Party’ dan lokakarya zine yang diproduksi pada hari H acara juga akan dirilis bersamaan. XEROXED: Original Copy berusaha membuat atmosfir aktivitas duplikasi masif, dan mencoba menyebarkan semangat kreatif untuk memproduksi dan menyebarkan sendiri buku-buku secara independen. Dalam konteks yang lebih luas, XEROXED: Original Copy mencoba untuk ikut membangkitkan kembali budaya literasi di anak muda lewat karya-karya sendiri.
Seluruh acara akan diadakan selama satu hari di Sangkring Art Space dan tidak dipungut biaya masuk. Siapapun diundang untuk hadir dan ikut merayakan hari spesial ini. Sampai jumpa!

Detil Acara:
XEROXED: Original Copy
Tanggal: 20 Agustus 2016
Tempat: Sangkring Art Space, Nitiprayan, Jogjakarta
Waktu: 13.00 – selesai
FREE ENTRY!
Release Day – Xerox Party – Workshop Zine – Music Party – Bazaar
Line up musik: DJ Brengoos, DJ Shnds, DJ Stanizters

Rangkaian Acara:
– Release Day
Menu utama dari event XEROXED : Original Copy, merayakan rilisan dari tiga kolektif dengan konsentrasi masing-masing dan membawa hasil cetakan buku yang beragam.
– Xerox Party
Selain merayakan terbitan, kami disini juga mencoba menggali lebih dalam dari kemungkinan dan pengolahan media mesin fotokopi sendiri. Dari situlah kami mencoba membuat ini seakan sebuah pesta yang sebenar-benarnya merayakan apa saja yang bisa dicetak menggunakan mesin fotokopi.

Sebuah pameran dimana peserta seniman yang terlibat adalah anggota dari masing-masing kolektif, dengan bentuk perform kami mencoba menghadirkan pengalaman ketubuhan tentang sebagaimana masifnya kekuatan dari mesin fotokopi.
– Workshop : Zine-making & Print Experiment
Pada kali ini kami membuat undangan terbuka kepada audiens untuk mengenal lebih jauh tentang proses bagaimana sebuah zine itu tercipta, disini peserta akan diajak untuk mengerjakan dari awal (drawing, fotografi, puisi, cerpen ataupun experiment dengan mesin copy) hingga proses produksi zine dengan mesin fotokopi.
– Curated Bazaar
Sebuah pasar seni mini yang diisi oleh stand-stand pilihan yang berisi kolektif yang memproduksi barang-barang craft, self-publish dan beberapa stand makanan dan minuman.
– Party
Selain menawarkan beragam hasil cetakan, workshop dan pameran. Kami mencoba membawa kebentuk dimana tiap-tiap apa yang kami hadirkan adalah satu kesatuan yang memaknai sebuah perayaan. Pesta,

Profil Kolektif dan Rilisan:

Amazing Frontier :
Adalah sebuah proyek dokumentasi skateboarding wanita di Indonesia khususnya di Yogyakarta kedalam bentuk rilisan fisik semi majalah (zine). Proyek ini diinisiasi oleh Maria Uthe, seorang mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang suka mencari kegiatan tambahan. Proyek senang-senang, bermodal ambisi dan harapan bahwa matahari akan naik dan langit tidak mendung. Ketertarikannya terhadap desain, cetak-mencetak dan skena skateboarding jadi latarbelakang “zine” dipilih sebagai medium utama. AMAZING FRONTIER kemudian menjadi sebuah wadah, menampung gagasan-gagasan seputar girls skateboarding scene dan budayanya di Indonesia. Kontributor Amazing Frontier adalah teman-teman wanita yang juga bermain skateboard. Proyek ini secara berkesinambungan akan berkolaborasi dengan sesama skater, desainer, fotografer, dan filmaker. Edisi Amazing Frontier yang pertama dan (semoga) seterusnya akan dirilis dan dijual dengan jumlah terbatas.

AMAZING FRONTIER Issue 01:
Hadir dengan rilisan fisik semi majalah (zine). Diprint secara self publishing dengan mesin Print On Demand (POD). Edisi terbatas, menyesuaikan budget dan tingkat kerumitan produksi – karena template layout dan material bahan yang rencananya akan selalu berubah tiap edisinya. Edisi pertama akan dicetak kurang lebih 50 buku, masing-masing kurang lebih 50 halaman, termasuk 2 halaman sticker paper, fullcolor. Dijilid bookbinding dengan kertas sampul 230gsm berlaminasi doff, dan kertas mattepaper untuk isi.

Barasub Press :
Didirikan pada 2015 dI Yogyakarta. Merupakan sebuah ruang kolektif yang menaruh perhatian utama pada stimulasi praktek kerja kesenian dengan pendekatan seni berbasis sekuensial, drawing / ilustrasi. Melalui program – program seperti BERINGAS (cergam), GRAOS (ilustrasi, poster, komik strip), DINDING DENGUNG (mural), ENISS (zine), SOWAN (studio visit), hingga praktek pemasaran LAIL (lapak illegal) dan didasarkan proses artistik yang berkaitan dengan “Young Attitude” kami mengupayakan ‘fenomena yang lain’ dapat hadir sebagai wacana seni rupa yang menarik dan otentik. Di satu sisi kami sekaligus mendirikan badan penerbitan independent bernama Barasub Press untuk melakukan rilisan fisik berupa buku di setiap program yang telah dijalankan.

Graos :
Graos adalah sub program Barasub yang menerapkan spesifikasi ‘one stop’ atau gambar satu halaman selesai seperti Ilustrasi, poster atau komik strip. Graos mengedarkan karya-karya daripada ilustrator atau perupa muda Indonesia yang dirasa layak dan cukup menarik baik wacana dan visualitasnya untuk disebarluaskan secara online maupun dalam bentuk rilisan fisik.

RAR Editions :
Penerbit independent berbasis projek yang mulai berdiri sejak 2012 dari Yogyakarta, Indonesia. Yang memiliki minat dibudaya visual anak-anak muda dan penulis yang tak terduga. Kami memproduksi publikasi, artist editions, zine dan lainnya dengan jumlah terbatas dan selalu menekankan pada serigrafi.

Noun : Home
Zine seri dari Isnain Bahar, merupakan cara bagaimana ia menakar sejauh mana ia dapat melakukan pengolahan desain, ilustrasi, dan fotografi untuk merepresentasikan kata yang ia pilih secara acak sebagai tema.

Lisan Tulisan
Sebuah antologi puisi dari Alfin Rizal berdasarkan pengalaman yang ia alami sejak 2012 hingga 2016. Ini merupakan caranya untuk membahasakan kejadian yang ia alami dan tak memungkiri latar belakangnya sebagai mahasiswa seni lukis tentang bagaimana ia merekam kejadian.

Tabik,
Titah AW

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.