“TUMBUH” BERSAMA SELAMAT PAGI VOL. 18

“TUMBUH” Bersama Selamat Pagi Vol.18

Jika ada satu hal yang terus menerus kita lakukan tanpa sadar selama kita hidup, maka itu adalah tumbuh. Sejak kita lahir ke dunia sampai nafas terakhir yang baru saja kita hela, tak ada satu detik pun yang kita lalui tanpa proses tumbuh ini. Secara definitif dalam kamus, tumbuh bisa diartikan sebagai bertambahnya ukuran atau volume, seperti badan yang bertambah tinggi, kaki yang semakin lebar, rambut yang bertambah panjang, dan lain-lain. Tumbuh versi ini kerap ditandai dengan perubahan fisik. Namun, tumbuh bisa juga dilihat sebagai sebuah proses yang menaungi sisi tak kasat mata manusia, soal rasa, intelektualitas, juga spiritual. Jika tumbuh secara fisik didorong oleh misalnya kalsium dalam segelas susu atau sepiring nasi, maka tumbuh secara non-fisik mungkin adalah perkara pertemuan-pertemuan yang melahirkan ide, membenturkan perspektif, dan menyalakan kreativitas untuk berkarya.

Tumbuh sendiri adalah sebuah perjalanan yang misterius, perjalanan yang tak seorangpun berhak menghakimi kemana tujuan akhirnya. Semakin kita dewasa, kita akan makin mampu memaknai tumbuh sebagai bukan sekedar soal fisik, tapi bagaimana kamu melihat dunia, terpancing untuk mencipta, dan pemaknaan atas segalanya. Tan Malaka pernah menulis, “Terbentur, Terbentur, Terbentuk”. Mengamini kalimat tersebut, proses pertumbuhan tak mungkin hadir tanpa adanya ruang yang mempertemukan kita dengan gagasan lain. Ruang yang dimaksud inipun tak hanya ruang berwujud fisik, tapi juga ruang dimana ide dikumpulkan, saling diadu, dikoreksi, hingga akhirnya menghasilkan sesuatu yang baru untuk semua yang terlibat dalam ruang tersebut.

Untuk volume 18 yang akan diadakan April nanti, Selamat Pagi mengangkat tema “Tumbuh”. Dengan tema ini, diharapkan Selamat Pagi mampu menjadi salah satu kanal atau momen dimana manusia-manusia yang terlibat disana mendapat pengalaman ‘tumbuh’ sebagai personal maupun kolektif dari proses kreatif, obrolan-obrolan saat acara, atau sekedar inspirasi yang muncul ketika menonton salah satu penampilnya nanti. “Tumbuh” juga bentuk kesinambungan dari tema-tema yang telah diangkat Selamat Pagi sebelumnya. Sebagai pengingat pula bahwa sebagai event, Selamat Pagi juga adalah ruang yang terus berproses, terus tumbuh dan semoga menumbuhi siapapun yang terlibat di dalamnya.

Selamat Pagi Vol. 18 masih akan diadakan di Panggung Tepi Sungai desa krapyak, kantor Yayasan Kampung Halaman dengan berbagai suguhan aktivitas acara. Aktivitas Selamat Pagi Vol. 18:
1. Panggung Tepi Sungai
2. Ruang Riang
3. Lapak Kreatif
4. Ruang Karya

Proses kolaborasi menjadi aktivitas yang tidak bisa dihilangkan dalam rangkaian penyelenggaraan Selamat Pagi. Proses kolaborasi tersebut bukan hanya saat kegiatan Selamat Pagi berlangsung, melainkan juga dalam tahap perencanaan hingga evaluasi. Namun, yang berbeda dalam Selamat Pagi kali ini, kami lebih mengutamakan peran remaja untuk aktif di dalam prosesnya. Hal ini kami lakukan karena remaja merupakan teman berkarya yang setara.

Diselenggarakan pada:
Minggu Pagi, 29 April 2018
08.00 – Selesai
Yayasan Kampung Halaman
Dusun Krapyak No. 05, RT 05 RW 55, Wedomartani
Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Kolaborator Selamat Pagi vol.18 :
LAPAK
– Lemonade
– Goyang Ketombe
– Kedai Miko
– Es dan Api
– Tangan Jahat
– Valhallabbq
– Whyoohwhy
– Juragan Kecil
– Kedai Daun Ijo
– Giginyala
– Baika
– Lapak Merch Band

RUANG KARYA
“EXHIBITION”
Veronica Alma R
Bastian Arif W

PANGGUNG TEPI SUNGAI
Uniloka (Solo)
Rasvanaoki (Sby)
Jati Raga (Yk)
Ben Harlem (Yk)
The Godspeed (Yk)
The Plums (Yk)

RUANG RIANG
Neneng Hanifah Maryam
Ceng Romli
X Siswa siswi SDN 1 Krapyak, Sleman DIY

MC
Ichi Dilaga & Gulaligit

NARAHUBUNG
Novan / +6285702449148

PENYELENGGARA :
Yayasan Kampung Halaman
Berisik.id

MITRA PENYELENGGARA :
Gama 55
JB Sound

MITRA MEDIA :
YKWKND GIGS
BLURG
SUKU SASTRA
PAMITYANG2AN
MINGGU PRODUKTIF
OTAKKOTOR RECORDS
HOOK SPACE
GIGS KLATEN
IHEART GIGS
SESAJI BUNYI
MUSIK JOGJA
WARNING MAGZ
FKPO DIY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.